Penjara Ala Kamp Konsentrasi Nazi

 

Matamatanews.com, PYONGYANG – Korea Utara diberitakan terus mengembangkan penjara dengan sistem yang mirip dengan kamp konsentrasi nazi. Para tahanan diharuskan melakukan kerja paksa, mengalami penyiksaan, pemerkosaan, kelaparan, bahkan kematian.

2014 silam PBB melaporkan keberadaan penjara yang bernama kwanliso, dalam laporan tersebut menyebutkan ratusan ribu tahanan politik tewas di penjara Korea Utara selama 50 tahun terakhir.

Menurut dugaan, penjara tersebut hingga kini masih beroperasi dan bahkan semakin luas. Berdasarkan pengamatan dari kelompok pemerhati HAM, Human Rights in North Korea (HRNK) dengan menggunkan satelit terhadap Camp No 25, sebuah kamp dekat Chongjin, pantai timur laut Korea Utara.

Berdasarkan hasil pengamatan, HRNK melaporkan bahwa adanya perluasan wilayah penjara sebesar hampir dua kali lipat sebelum tahun 2010.

Selain itu, pemerhati HAM lain yakni Amnesty Internasional melaporkan “Kamp-kamp ini merupakan landasan infrastruktur besar negara yang didedikasikan untuk meluncurkan represi politik dan kontrol sosial, yang memungkinkan terjadinya pelanggaran hak asasi manusia yang meluas dan sistematis”.

Untuk itu, sejumlah kelompok pemerhati HAM mengatakan akan terus berupaya untuk melakukan dokumentasi operasi yang sedang berlangsung di penjara tersebut, baik dari kesaksian para korban maupun citra satelit. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response