Pengusaha Tambang Giritirta Berharap Aktivitas Tambangnya Berlanjut

 

Matamatanews.com, BANJARNEGARA - Ratusan warga Dusun Melikan Desa Giritirta pada hari Jumat (15/10/21) pukul 09.00 WIB berbondong bondong menuju lokasi pertambangan, mereka meminta agar para penambang segera menghentikan aktivitas penambangannya.Tanpa dikomandoi ratusan warga ini mendatangi lokasi tambang dan menghalangi distribusi hasil tambang yang akan diangkut oleh pengusaha.

"Kami minta, tidak ada lagi aktivitas penambangan karena puing-puing lempengan itu sangat menggangu terutama di jalan pertanian disekitarnya,” ujar salah satu warga yang tidak mau disebutkan namanya.

Salah satu pengusaha tambang yang merasa dirugikan Slamet Rudiono berharap aktivitas pertambangan tidak ditutup, karena dirinya mengambil batu lempeng dari tanah miliknya.

”Saya mengambil batu lempeng di tanah yang saya beli, kenapa harus ditutup. Ini usaha kami, kalau mau ditutup, tutup semua aktivitas penambangan selain saya. Kami membeli lahan itu untuk kami olah, jadi jangan rugikan kami,” ujarnya di tempat lokasi. 

Massapun mereda ketika Kades, Perangkat dan kadus setempat berusaha menengahi kerumunan warga yang berharap pertambangan itu segera ditutup. Akhirnya massapun membubarkan diri pulang ke rumah masing masing. Pemerintah desa akan mengupayakan agar penambang bersedia menutup aktivitasnya karena ijin penambangan sudah tidak berlaku lagi. Kades menekankan apabila mereka mau memulai aktivitas penambangan dimohon untuk mengajukan perijinan kembali. 

Saat ditemui di rumahnya pada hari Minggu (17/10/21), Kades Giritirta  mengatakan bahwa pemerintah desa tidak melarang aktivitas penambangan, namun para pengusaha pertambangan harus memperbaharui perijinan dan meminta ijin ke warga dusun Meliken.

"Ijin penambangan yang lalu sudah dibekukan maka kami berharap agar perijinan segera diperbahuri baik secara perseorangan bagi mereka yang akan melakukan aktivitas penambangan,” ujar Kades Erry Yulianti kepada wartawan.(One/Jof/4rd)

redaksi

No comment

Leave a Response