Pengiriman S-400 Ke Turki oleh Rusia Lebih Cepat dari Jadwal

 

Matamatanews.com, ANKARA—Pengiriman sistem pertahanan rudal S-400 buatan Rusia ke Turki tampaknya akan dilakukan lebih cepat dari jadwal yang telah direncanakan, bahkan juru bicara Presiden Rusia Dmitry Peskov, Rabu 28 Mei 2019 kemarin mengatakan  bahwa pengiriman sistem pertahanan tersebut akan sesuai jadwal.

“Pengiriman akan dilakukan lebih awal dari rencana semuala, atas perintaan pihak Turki,” kata Peskov kepada wartawan di ibu kota Kazakhstan, Nursultan. Ia menambhakan bahwa tidak akan ada penundaan dalam pengiriman perangkat keras pertahanan.

Presiden Turki Recep  Tayyip Erdogan mengatakan bahwa awal bulan ini pembelian sistem pertahanan rudal S-400 dari Rusia merupakan kesepakatan, ia menambahkan bahwa Ankara juga akan memproduksi bersama sistem pertahanan S-500 dengan Moskow.

Dan seperti diketahui ketegangan antara Amerika Serikat dengan Turki telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir lantaran Turki akan membeli sistem pertahanan rudal S-400 dari Rusia dan menurut Washington akan membahayakan peran Turki dalam program jet tempur F-35 Amerika Serikat dan dapat memicu sanksi kongres.

Para pejabat Amerika Serikat menyebut rencana pembelian sistem pertahanan rudal S-400 oleh Turki sebagai “sangat bermasalah,”. Menanggapi ancaman Amerika Serikat itu,Erdogan mengatakan bahwa “cepat atau lambat, kami akan menerima F-35 (AS) tidak mengirimkannya bukan pilihan.”

Sedangkan Menteri Pertahanan Turki, Hulusi Akar mengatakan, kemungkinan awal bulan ini ada keterlambatan pengiriman sistem pertahanan rudal S-400 dari Rusia. “Ini mungkin tidak terjadi pada bulan Juni tetapi akan datang dalam beberapa bulan mendatang,” kata Akar kepada  stasiun televisi Haberturk. “Tapi prosesnya sudah dimulai.”. (bar)

 

 

sam

No comment

Leave a Response