Pengalaman Berharga Bagi R.Taufan Harisam Saat Berlebaran di Taiwan

 

Matamatanews.com, TAIWAN -Merayakan hari raya Idul Fitri di luar negeri merupakan pengalaman yang menarik bagi para mahasiswa Indonesia yang sedang kuliah di sanai. Salah satunya adalah R.Taufan Harisam,SPi.,MSi. Tahun 2024 ini adalah lebaran di tahun kedua bagi R.Taufan Harisam di negeri Formosa. Perasaan senang dan sedih bercampur menjadi satu ketika malam takbiran dia melakukan video call (VC) dengan keluarganya di Indonesia. 

“Inilah pengorbanan demi tugas negara, sebagai Dosen di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan / FPIK," ungkap dosen ahli Ecology of Marine Macroalgae dari FPIK Unsoed ini dipandu Ir.H.Alief Einstein,M.Hum. dari kafapet-unsoed.com.

Menurut Taufan (sapaan akrabnya) jika kebanyakan orang di Indonesia bisa bersilaturahmi dengan keluarga saat hari Raya Idul Fitri, di Taiwan hanya bisa berkumpul dengan teman-teman baik dari Indonesia, teman dari Taiwan, dan dari negara lain.

“Perayaan Idul Fitri 1445 H kita berkumpul di Mushola Tunghai University dan memasak makanan menu lebaran Indonesia secara bersama, seperti ayam opor dan ketupat. Uniknya kami memasak ketupat menggunakan plastik karena di Taiwan tidak banyak ditemukan pohon kelapa yang bisa diambil daunnya”, jelas mahasiswa S3 Student di Life Sciences Departement, Tunghai University, Taichung, Taiwan ini.

Idul Fitri 1445 H jatuh di hari yang tidak libur di kampus Tunghai, untuk itu Taufan harus mengikuti kuliah dan kembali ke laboratorium setelah melaksanakan sholat Ied.

"Beberapa teman juga memilih minta ijin kepada dosennya untuk melaksanakan sholat Ied di masjid Kota Taichung yang jaraknya kurang lebih 10 km dari kampus kami," jelas Taufan yang mempunyai 16 artikel jurnal di indeks Scopus ini.

"Suasana Idul Fitri di Taiwan sangat berbeda dengan di Indonesia. Saat malam takbiran tidak terdengar suara takbir menggema di malam hari, bahkan suara adzan pun tidak bisa kita dengar setiap harinya seperti halnya di Indonesia,"ungkap member of Global Seaweed Coalition dan member of International Association for Biological Oceanography/IABO ini mengakhiri. (hen)

 

redaksi

No comment

Leave a Response