Pengadilan London Vonis Bersalah Ulama Inggris Pemberi Bantuan ISIS

 

Matamatanews.com,LONDON—Pengadilan Old Bailey,Selasa (6/8/2016) lalu, memvonis bersalah Anjem Choudary, ulama asal Inggris, karena dianggap menyebarkan kebencian dan melancarkan propaganda untuk mencari dukungan bagi ISIS. Keputusan pengadilan diperkuat dari berbagai macam bukti, termasuk ceramah – ceramahnya yang diunggah di Youtube dan ucapannya kepada Abu Bakar al-Baghdadi. (pemimpin ISIS)

Kendati keterlibatan Choudary mendukung ekstremisme telah diketahui, namun dia selalu berhasil menghindar dari penangkapan. Nama Choudary selalu terkait dengan aksi terorisme di antaranya adalah pembunuhan Lee Rigby, Michael Adebolajo, dan militan Omar Bakri Muhammad.

Choudary dan seorang terdakwa lain, Mohammed Rahman, menyuarakan kepada para pengikutnya agar patuh dan membantu ISIS di Suriah. Meski bukti – bukti telah mencuat, Choudary dan Rahman membantah tuduhan terorisme terhadap mereka dan mengatakan kasus itu bermotif politik.

Vonis bersalah telah dijatuhkan pengadilan pada bulan lalu, dengan alasan prosedur hukum berita baru diutarakan ke medis selasa pekan ini. Pembacaan vonis hukuman akan dilakukan pengadilan pada September mendatang, atas kejahatannya, tersangka terancam hukuman penjara hingga 10 tahun lamanya. (Aditya/Atep/Reuters/CNN/berbagaisumber)

sam

No comment

Leave a Response