Pengacara DPC Ikadin Banjarnegara, Pasang Plang Pengumuman Antisipasi Penyerobotan Lahan

 

Matamatanews.com, BANJARNEGARA- Suhono, salah satu warga RT 01 RW 08 Desa Pucang, Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara  memberikan kuasa penuh kepada Pengacara DPC Ikadin Banjarnegara dalam hal permasalahan kepemilikan tanah. 

Ketika dihubungi awak media Suhono menyampaikan bahwa sejak tahun 2012 dia sudah membeli tanah  dari orangtuanya. Namun tanah itu diminta lagi oleh adiknya ketika orangtuanya meninggal. 

"Di sekitar bidang tanah itu sekarang sudah ramai, karena ada jalan tembus menuju kecamatan lain. Saya serahkan bidang hukum DPC Ikadin Banjarnegara menangani permasalahan ini sesuai dengan keahlianya," katanya.

"Dokumen kepemilikan Tanah Sawah Blok 006 Remamas Luas 3959 M2 berdasarakan SPPT NOP 33 04 050 021 006-0030.0 sudah beratas nama Suhono sejak 2014. Itupun saya beli seharga 150 juta saat tahun 2012. Baru-baru ini adik saya telah melakukan intimidasi, menekan dan membuat surat pernyataan yang tidak saya tandatangani namun ada tandatangan Kepala Desa Pucang," tuturnya.

DPC IKADIN Banjarnegara melalui pengacaranya Harmono, S.H. M.M., CLA CPL, CMe., dan Syaeful Munir, SHI menyampaikan, pihaknya dipercaya sebagai kuasa hukum Suhono pemilik lahan yang tengah dipermasalahkan oleh adik dan kakaknya di desa Pucang Kecamatan Bawang, Kab. Banjarnegara. 

Harmono mensinyalir adanya penekanan dari pihak adiknya, Junaedi yang menggunakan jasa preman dengan maksud menekan dan membuat pernyataan agar sebagian tanahnya diberikan kepada yang bersangkutan.

"Klien kami dalam penekanan, maka  kami telah memberitahukan Kepala Desa Pucang dan Polsek Bawang agar mencabut surat pernyataan. Dalam surat pernyataan tertera tandatangan klien kami yang dipalsukan, namun ada tandatangan Kepala Desa," kata Harmono.

"Kami konfirmasi ke Pemerintah desa, kok berani-beraninya menandatangani  diatas materai tanpa konfirmasi kebenarannya kepada klien kami. Kami, meminta agar mencabut surat pernyataan yang cacat hukum itu sekaligus meminta ijin Pemasangan Plang terkait lahan seluas 3959 M² di Desa Pucang yang telah dikuasainya sejak belum ada proyek jalan Pucang Jenggawur,” tegas Harmono yang juga ketua DPC Ikadin Banjarnegara ini. 

Dengan permasalahan ini Suhono merasa dirugikan, karena lahan Tanah Sawah Blok 006 Remamas Luas 3959 M2 SPPT NOP 33 04 050 021 006-0030.0 telah terjadi jual beli antara dirinya dengan Arjo Sumarto di Desa Pucang Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara pada tahun 2012.

Dikatakan Harmono, Pengacara DPC Ikadin akan melakukan upaya hukum melaporkan pihak-pihak yang terlibat dalam kasus tersebut. 

"Kalaupun surat pemberitahuan telah dicabut dan ada dugaan tandatangan yang dipalsukan, kami akan melakukan upaya hukum melaporkan pihak terkait. Pemasangan plang ini sebagai upaya antisipasi terjadinya intimidasi berupa penyerobotan dan perusakan lahan tanpa ijin. Kami akan melakukan upaya hukum baik litigasi maupun nonlitigasi karena yang mempermasalahkan masih pihak keluarga,” pungkasnya.(One/Jof/awi)

redaksi

No comment

Leave a Response