Pemkab Banyumas Sukses Gelar Festival Serayu 2018

Matamatanews.com, BANYUMASSelama dua hari, tepatnya 11  sampai 12 Agustus 2018 lalu Festival Serayu 2018 digelar di Bendung Gerak Serayu, Desa Tambaknegara, Kecamatan Rawalo Banyumas, Pemerintah Kota Banyumas, Jawa Tengah. Sejumlah SKPD, organisasi, pelaku wisata dan pengusaha turut memeriahkan acara tersebut.

Menurut Ketua Paguyuban Masyarakat Serayu Eddy Wahono, ide kegiatan ini dilatarbelakangi keinginan para penambang pasir untuk mengubah mata pencaharian mereka dari penambang pasir menjadi pelaku wisata. Kerusakan ekosistem akibat penggunaan mesin pada penggalian yang berdampak pada kerusakan lingkungan sungai Serayu juga menjadi alasan mereka beralih profesi.

Acara  bertema " Merajut Tepian Serayu" ini juga menyajikan berbagai macam kegiatan, diantaranya pada hari Sabtu (11/8) ada Pentas Ebeg, lomba lukis khusus pelajar SMP se Banyumas, lomba balap perahu, opening Nomads Camp dan tradisi Mimiti.

Di hari kedua, Minggu (12/8) ada kegiatan karnaval perahu hias yang diikuti 27 peserta, stand kuliner, pentas seni dan sendratari, serta pengumuman lomba balap perahu yang diikuti sekitar 25 peserta.

Menurut Ketua Panitia Festival Serayu 2018 Imam Basroil, bahwa pihaknya telah menjamin kegiatan ini benar-benar menghibur dan siap menampung ribuan penonton dari berbagai daerah di sekitar Banyumas. Selain sebagai program kampanye pelestarian Sungai Serayu, acara ini juga untuk menyasar generasi muda mengenal budaya daerah.

Makna dari tema " Merajut Tepian Serayu" menurut dia adalah untuk pemanfaatan sumber daya air secara bijaksana yang melibatkan semua elemen, baik masyarakat, pelaku wisata dan pemerintah  daerah maupun pemerintah pusat.

Informasi yang didapat Matamatanews dari masyarakat sekitar, menyebutkan bahwa pagelaran ini ternyata lebih sukses dibanding tahun sebelumnya. Mereka membandingkan jumlah peserta karnaval perahu hias yang pesertanya lebih banyak, serta antusias masyarakat untuk menikmati hiburan gratis  mencapai ribuan jumlahnya dibanding tahun- tahun sebelumnya.

Keberhasilan acara tersebut karena didukung  kesiapan panitia alam mempromosikan pemasangan 27 buah baliho Festival Serayu yang dipasang di sejumlah titik di wilayah Banyumas dan sekitarnya.”Kami juga  menggunakan media sosial dan medai cetak untuk mempromosikannya,”kata Wahono kepada awak media, Sabtu (11/8/2018) lalu.*(hendro)

 

sam

No comment

Leave a Response