Pemerintah Dan Militan Suriah Sepakat Evakuasi Warga

 

Matamatanews.com, SURIAH – Berbagai pihak di Suriah telah mencapai kesepakatan untuk melakukan evakuasi dari empat tempat yang sudah terkepung atau telah dikuasai oleh pasukan pemerintah maupun pasukan militan Suriah.

Observatorium Suriah untuk HAM mengatakan bahwa warga Foah dan Kefraya yang kotanya telah dikuasai oleh pasukan pemerintah akan segera dievakuasi dengan menggunakan bis.

Kemudian, warga Madaya dan Zabadani yang menempati kota di pinggiran Damaskus juga dapat meninggalkan kota tersebut. Kota di pinggiran Damaskus tersebut memang telah dikuasai oleh para pasukan militan Suriah.

Kesepakatan agar warga dapat meninggalkan kota-kota yang dikuasai pasukan pemerintah maupun militan Suriah, dapat dicapai karena bantuan Iran dan Qatar.

Gencatan senjata telah disepakati dan berlaku pada hari Selasa (28/3/2017) untuk membuka jalan guna melakukan evakuasi yang akan dijadwalkan berlangsung selama seminggu. Awalnya evakuasi tersebut telah berlangsung tiga bulan yang lalu, namun digagalkan oleh militan Suriah. Pasukan tersebut membakar bis-bis yang akan dipakai untuk melakukan evakuasi warga. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response