Pemerintah Daerah Abaikan Peraturan LHKPN

 

Matamatanews.com, MAROS – Peraturan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), masih diabaikan oleh para pejabat di lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Maros, Sulawesi Selatan.

Semenjak perarutan itu diberlakukan beberapa bulan yang lalu, hanya sekitar 85 pejabat saja yang sudah melapor ke BKDD Maros, sementara jumlah pejabat struktural pada lingkup Pemda Maros ada sekitar 185 orang.

Kepala BKDD Maros, Baharuddin kepada media mengatakan Para Pejabat Pemda Maros terkesan mengabaikan persoal penyetoran tersebut yang penyetorannya belum sampai 50 persen sementara tenggang diberikan sudah cukup lama. "Memang sejauh ini baru sekitar 85 orang pejabat yang menyetor laporan kekayaannya. Artinya masih ada 100 orang yang belum menjalani kewajibannya," ujarnya.

Baharuddin menambahkan, minat dan kesadaran pejabat untuk melaporkan kekayaannya belum terlalu besar, sehingga banyak dari mereka yang masih menunda untuk menyetor laporan harta kekayaannya. Pasalnya, sejauh ini tidak adanya sanksi yang tegas dan regulasi internal bagi yang wajib lapor, tapi tidak melaporkan kekayaannya.

Baharuddin berharap, meski tidak adanya sanksi yang jelas, dia tetap mendorong pejabat untuk aktif menyetorkan laporan kekayaannya. "Sebelum bulan Oktober mendatang, semoga seluruh pejabat di lingkup Pemda Maros sudah menyetorkan LHKPNnya. Apalagi, adanya aturan baru yang menyebutkan anggota DPRD Maros juga diwajibkan menyetor harta kekayaannya," imbuhnya.

Dari 85 orang pejabat yang menyetorkan laporan kekayaannya diantaranya adalah Seksa Maros, Kepala Dinas Pemuda dan Olah raga serta dirinya. "Yang pasti yang sudah menyetor yakni Sekda Maros, Kadispori dan Saya. Masih banyak lainnya, tapi saya tidak terlalu hapal satu persatu," tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Maros H AS Chaidir Syam menuturkan, sebelumnya anggota DPRD telah menyetorkan LHKPNnya. Namun dengan adanya permintaan dari KPK, maka ada pihaknya pun menyetor ulang LHKPNnya. Sebagai pejabat, dia merasa bertanggung jawab untuk melakukan itu. [Jp/Did]

sam

No comment

Leave a Response