Pemerintah Berencana Bangun Satelit Multifungsi

 

Matamatanews.com, JAKARTA –Pemerintah Indonesia berencana membuat Satelit Multifungsi dengan harapan dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan sarana komunikasi dan juga untuk pemanfaatan disektor maritim, pertanian, kehutanan hingga e-government di daerah-daerah terpencil.

Kondisi geografis Indonesia telah lama menjadi tantangan untuk penyebaran akses komunikasi. Kendala investasi besar serta resiko pengembalian yang cukup lama dianggap tidak sebanding bagi para penyedia layanan komunikasi.

Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), Ismail Akhmad mengatakan pembangunan fiber optik di pulau terpencil dengan jumlah penduduk sedikit tidak sebanding dengan jumlah permintaan layana komunikasi.

“Pembanguna satelit multifungsi paling cocok untuk area pulau kecil. Pemerintah akan mendukung program ini dengan dana kewajiban pelayanan universal (USO),” tutur Ismail, Kamis (27/10/2016).

Untuk mendorong pembangunan satelit. Ia menyatakan pemerintah mulai fokus mencari filling internet yang cocok dan melakukan beberapa analisis filling band plan yang dimiliki negara tertentu ke International Telecommuncation Union (ITU).

Filling satelit ialah slot orbit yang dimiliki masing-masing negara untuk menggelar layanan satelit.

“Belajar dari pengalaman proyek Palapa Ring, pemerintah mempertimbangkan untuk menerapkan model kerja sama dengan badan usaha sehingga tidak perlu investasi di depan, tapi cukup mencari mitra yang bersedia berinvestasi, membangun dan mengoperasikan hingga umur satelit berakhir,” ungkap Ismail. (Andro dp/CNN/Berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response