Pemeriksaan Seluruh Barak Militer Terkait Temuan Memorabilia Nazi

 

Matamatanews.com, JERMAN – Sejak ditemukanya memotabilia militer era Nazi di sebuah asrama militer oleh tim penyidik dalam sebuah investigasi, Inspektur Jenderal Volker Wieker memerintahkan penyelidikan yang lebih luas di seluruh barak militer

Memorabilia ditemukan di barak Donaueschingen, barat daya Jerman, dalam sebuah investigasi menyusul penemuan serupa di garnisun seorang perwira militer yang dicurigai merencanakan serangan rasis.

Senin (08/05/2017), juru bicara Kementerian Pertahanan menyatakan Inspektur Jenderal telah mengintrusikan seluruh properti untuk diperiksa, guna menijau apakah perturan untuk meninggalkan warisan Wehrmacht dan Sosialisme Nasional benar-benar dipatuhi.

Dalam laporan awal tertulis inspeksi di seluruh barak militer dijadwalkan mulai berlangsung pada selasa (09/08/2017) dan berakhir pada 16 Mei mendatang.

Menteri Pertahanan, Urusula Von der Leyen mengatakan ekstremisme sayap kanan harus dibasmi dari badan militer Jerman.

“Kami tengah melatih orang-orang dengan senjata. Ada standar yang lebih tinggi lagi bagi kami. Tindakan semacam ini tidak dapat ditawar lagi,” ujarnya.  

Berdasarkan konstitusi Jerman, menyimpan apalagi menunjukan barang-barang Nazi di tempat publik seperti lambang swastika bisa dikenai hukuman. Von der Leyen juga mengatakan tidak akan mentolelir pemujaan Wehrmacht, pasukan bersenjata Nazi yang dibentuk oleh Adolf Hitler di kalangan militer Jerman saat ini, Bundeswehr.

Namun, dalam pemberitaan yang dilansir The Independent, Von der Leyen mendapat kritikan dari kalangan militer setelah menyebut penangkapan tentara yang diduga merencanakan serangan rasis sebagai tanda lemahnya kepemimpinan pasukan bersenjata negaranya. (Adith/Berbagai Sumber)

sam

No comment

Leave a Response