Pemdes Sokaraja Lor Kini Tempati Gedung Baru

 

Matamatanews.com, SOKARAJA - Dilandasi kebutuhan dalam rangka fungsi pelayanan bagi masyarakat maka diperlukan fasilitas infrastruktur yang memadai. Hal tersebut diungkapkan Kepala Desa Sokaraja Lor Umar Muslim,ST saat memberikan sambutan pada peresmian gedung baru Kantor Kepala Desa Sokaraja Lor, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Rabu (30/6/2021).

Umar Muslim mengungkapkan bahwa ide berdirinya bangunan tersebut sebenarnya telah digagas oleh kepala desa sebelumnya dengan telah dibuatnya perdes kala itu oleh kepala desa bersama BPD Desa Sokaraja Lor.

"Pembanguna gedung ini melalui empat tahap, dimulai pada tahun 2017 dengan peletakan batu pertama pada hari Senin (31/07) oleh Camat Sokaraja kala itu Purjito, dengan anggaran yang tersedia 200juta. Tahap kedua tahun 2018 anggaran yang dipakai 104juta berasal dari bantuan keuangan desa serta aspirasi dari anggota dewan Bapak Bambang Pujiyono. Tahap ketiga tahun 2019 senilai 200juta sumber dana dari aspirasi anggota dewan, PAD serta hasil sewa tower," terang Umar Muslim.

Lebih lanjut Umar menambahkan bahwa di tahun 2020 tidak ada anggaran dikarenakan pandemi Covid-19. Sehingga menurutnya, keberadaan bangunan yang belum sempurna digunakan sementara untuk karantina.

"Di tahun 2021 kami berusaha menyempurnakan bangunan dengan ketersedianya anggaran 30.700.000 rupiah. Sehingga bangunan selesai menelan dana 534.700.000 rupiah," imbuhnya.

Selaku kepala desa Umar Muslim menyampaikan ucapan terimakasih kepada Camat, Danramil, Kapolsek serta Forkopimcam Sokaraja yang telah membantu proses hingga diresmikannya Kantor Kepala Desa Sokaraja Lor yang baru.

Sementara Ketua BPD H.Irchamni menyampaikan ucapan selamat datang dan terimakasih kepada Camat, Danramil, Kapolsek serta forkopimcam Sokaraja yang telah hadir dalam peresmian gedung baru tersebut.

"Atas nama BPD saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah "berjibaku" hingga terwujudnya kantor Kepala Desa Sokaraja Lor yang baru. Semoga menjadi amal ibadah dan catatan sejarah yang akan dikenang masyarakat," katanya.

H.Irchamni berpesan kepada kepala desa bahwa jadikanlah gedung kepala desa sebagai "surga dunia", artinya ketika masyarakat datang ke kantor kades membawa masalah, sepulang dari sana membawa solusinya.

"Ketika masuk ruang mereka "cemberut", sepulang dari kantor terlihat "sumringah", itulah wujud dari pelayanan masyarakat. Kami berharap gedung baru ini diminati oleh masyarakat dan bermanfaat bagi masyarakat Sokaraja Lor," pungkasnya.

Dalam sambutannya Camat Sokaraja Drs.Lukman Nazarudin mengungkapkan rasa terimakasih dan apresiasi kepada Pemdes Sokaraja Lor yang saat ini telah memiliki Kantor Kepala Desa yang baru dan megah. Menurutnya, kantor adalah tempat untuk pelayanan sehingga kades dan perangkatnya adalah pelayan masyarakat.

"Orang yang datang ke kantor kades adalah orang yang sedang bermasalah. Apabila dilayani di tempat pelayanan yang memadai, bagus sarana prasarananya maka mereka akan merasa puas. Saya mengharapkan para perangkat desa punya "performance", penampilan seperti pakaian, atribut perlu diperhatikan, harus menarik. Di front office pun juga harus menguasai materi yang akan disampaikan oleh masyarakat," katanya.

Di akhir sambutan Lukman Nazarudin mengatakan bahwa saat Iki kita dikepung oleh pandemi Covid-19. Dia berharap pandemi cepat berlalu dan masyarakat Sokaraja dapat beraktivitas seperti sedia kala.

Acara peresmian gedung baru Kantor Kepala Desa Sokaraja Lor ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Camat Sokaraja dilanjutkan ramah tamah antara Kepala Desa se Kecamatan Sokaraja. (Hen)

 

redaksi

No comment

Leave a Response