Pelepasan 5000 Tukik Warnai Festival Padang Melang

 

Matamatanews.com, BATAM – Pada kali ini Festival Padang Melang dilaksanakan di Jemaja, Kabupaten Anambas. Banyak keceriaan masyarakat dan keindahaan panorama pantai Padang Melang tersuguhkan dalam festival ini.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Boeralimar menyatakan bahwa, Festival Padang Melang adalah optimisme dan langkah perkenalan kepada dunia luar tentang investasi di Anambas. “Sebab itu diangkat kembali, karena memang berpotensi mendatangkan banyak wisatawan dalam dan luar negeri,” kata Boeralimar, di Anambas.

Festival yang dimulai pada Kamis (11/5/2017) ini berlokasi di sepanjang Pantai Padang Melang, Kecamatan Jemaja. Dengan keindahan panorama pesisirnya, pembukaan festival ini dimeriahkan dengan sejumlah hiburan. Dengan pintu masuk dari Bintan, Tanjungpinang dan Batam, diperkirakan akan mendatangkan banyak wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Acara Festival Padang Melang ini diisi dengan berbagai perlombaan olahraga pantai seperti lomba kano, jongkong dan lopek, renang, volly pantai serta permainan rakyat lainnya. Tersedia pula Pameran Rumah Budaya, Parade Panggung Budaya, Bazar Kuliner, Oleh-oleh serta kerajinan UKM, Pagelaran Kemilau Batik Cual.

Kegiatan yang tidak  kalah menarik yakni Tour de jemaja island, dimana pengunjung akan dimanjakan dengan kesejukan air terjun Neraja dan Air Biru, ketenangan area persawahan Bukit Padi, keindahan pantai Kusik dan Padang Melang, pesona terumbu karang pulau Ayam, pulau Blusan, pulau Merbak, serta wisata sejarah peninggalan perkampungan Vietnam di pulau Kuku dan pulau Nguan.

Dalam festival ini akan digelar Pementasan Tari Gubang, sebuah khazanah budaya asli penduduk pulau Jemaja dengan melibatkan pemakaian 1000 Topeng Gubang. Di samping itu Rekor MURI pun tercapai dengan pelepasan sebanyak 5000 ekor Tukik (anak penyu) sebagai bentuk kepedulian terhadap pelestarian satwa langka yang terdapat di pulau Jemaja. [Did/FHM]

sam

No comment

Leave a Response