Pelatihan Pengolahan Susu Dan Wirausaha Di SMKN 1 Kalibagor

 

Matamatanews.com, BANYUMAS - Kabupaten Banyumas menjadi salah satu kabupaten sentra peternakan sapi perah. Daerah ini menjadi penghasil susu segar sebagai bahan baku berbagai produk makanan seperti keju, yogurt, kefir, dan mentega. "Produk olahan susu merupakan makanan sumber zat gizi untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh, "ungkap Humas Dies Natalis Fakultas Peternakan Unsoed ke-54 Ir.Alief Einstein,M.Hum. saat mendampingi Dosen Fapet Unsoed Dr.Juni Sumarmono, Rabu 12 Agustus 2020.

Einstein menambahkan Fapet Unsoed tergerak untuk meningkatkan keterampilan masyarakat di dalam mengolah susu dan menjadikannya sebagai peluang wirausaha.  Menyikapi hal itu tim dosen Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto yang diketuai oleh Dr. Juni Sumarmono (Dr.Juni) mengadakan pelatihan pengolahan susu dan wirausaha bagi guru dan siswa SMK.  

"Sebagai mitra adalah guru dan siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kalibagor Kab.Banyumas, " kata Einstein.

Sementara Dr. Juni menjelaskan bahwa pelatihan tersebut merupakan bagian dari program pengabdian kepada masyarakat berbasis riset, dengan tema “Peningkatan Kompetensi dan Wirausaha Siswa SMK dalam Bidang Teknologi Hasil Ternak”.  Program diawali dengan melakukan webinar yang telah terselenggara pada tanggal 20 Juli 2020 yang lalu dengan topik “Pengolahan Makanan dengan Teknologi Fermentasi” yang diikuti oleh 122 guru SMK dari seluruh Indonesia.  

"Narasumber webinar tersebut adalah Dr. Juni Sumarmono dengan materi Yogurt dan Kefir dan Dosen Ilmu Pangan,  Fakultas Pertanian Unsoed Dr. Nur Aini dengan materi Makanan Fermentasi Nabati, "papar Dr. Juni.

Dr.Juni menambahakan, selain webinar, juga diselenggarakan kuliah daring tentang kewirausahaan yang dilaksanakan secara live dari Jakarta pada hari Kamis 13 Agustus 2020. Narasumber adalah Ir. Zainal Abidin, MM. alumni Fakultas Peternakan Unsoed yang menjadi Group Head Agro-Niaga, Dompet Duafa Social Enterprise. 

"Selain sebagai praktisi wirausaha, Zainal adalah mahasiswa Program Doktor Ilmu Manajemen (DIM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unsoed, dan juga dosen/pengajar program Program MM Prasetiya Mulya Business School, Jakarta, "kata Dr.Juni.

Kepala SMKN 1 Kalibagor, Indriyani Rohmaningsih, S.P., mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi praktis bagi guru-guru SMK dan juga siswa-siswanya. 

"Guru yang kompeten dapat menyelenggarakan proses belajar yang inovatif, yang pada akhirnya akan menghasilkan lulusan SMK yang unggul dan siap memasuki dunia kerja, "ungkapnya.(hen/berbagai sumber)

 

redaksi

No comment

Leave a Response