Pelantikan Direktur Baru Perumda Brebes Dipertanyakan Harus Ditinjau Ulang

 

Matamatanews.com, BREBES—Keputusan Bupati Brebes, Idza Priyanti melantik dua jabatan direktur di Peeusahaan Umum (Perumda) Air Minum Tirta Baribis Brebes, Yakni, Agus Isyono selaku Direktur Utama dan Ahmad Zaeni selaku Direktur dipertanyakan. Pasalnya terpilihnya pejabat baru pengganti Dirut Karmai Widiastuti yang pensiun tersebut  proses seleksi nya  tidak transparan diduga sarat KKN.

Ada yang dilanggar oleh Pansel dan Lembaga penguji terhadap Permendagri No.37 / 2018 Tentang Pengangkatan Direksi dan Dewan Pengawas BUMD. Patut diduga tidak  sesuai dengan ketentuan Pasal 43 poin 1, poin 4 dan poin 5. Sehingga produk dari hasil seleksi oleh pansel bisa diartikan cacat hukum " kata Drs Agus Sutrisno salah satu konsumen .

Menurut Agus Sutrisno yang juga mantan angggota Dprd Kabupaten Brebes, dalam tahap seleksi tidak diumumkan siapa yang lolos dan siapa yang tidak lolos. Juga nilai hasil peserta yang mengikuti seleksi tidak dijelaskan publik.

" Padahal itu sesuatu yang mengikat,  transparansi publik " ungkap Agus.

Hal sama diungkapkan konsumen yang lain Imam Santoso yang menduga pengangkatan Dirut baru  sarat KKN.

"Sebab yang diangkat ternyata eksternal PDAM ada dugaan dia dekat dengan Pimpinan Daerah " beber Imam

Selain itu menurutnya tidak ada keterwakilan dari Brebes Selatan yang masuk  dalam jajaran Perusahaan plat merah tersebut sehingga patut dipertanyakan.

"Sumber mata  air banyak berasal dari Selatan , secara SDM banyak tokoh Selatan yang kami anggap cakap dan mampu, namun tidak masuk jajaran atau pun Pengawas Perumda " jelas Imam Santoso.

Terkait itu pihaknya meminta Bupati meninjau ulang penetapan Dirut baru apabila memang tidak sesuai dan  melanggar aturan.Seperti diberitakan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH pada jum at 1 Nopember 2019  mengangkat Agus Isyono  berdasarkan Keputusan Bupati Brebes nomor 821.2/731 tahun 2019 tentang pengangkatan  Direktur Utama  Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Baribis Kab Brebes.

Sedangkan Ahmad Zaeni diangkat berdasarkan Keputusan Bupati nomor 821.2/732 tentang pengangkatan Direktur Perumda Air minum Tirta Baribis Kab Brebes. Keputusan tersebut berlaku untuk keduanya sejak 1 November 2019 sampai 31 Oktober 2024..(Purwanto)

redaksi

No comment

Leave a Response