Pecinta Ayam Pelung Barlingmascakeb Gelar Kongkur Bersama

 

Matamatanews.com, PIASA WETANKepala Dept. Humas PP KAUNSOED Alief Einstein mengungkapkan acara silaturahmi dibalut dengan pelestarian ayam pelung diadakan di Desa Piasa Wetan, Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara, pada Minggu (09/06/19) lalu.Menurutnya Idul fitri merupakan moment yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga, kerabat serta semua kalangan baik dari komunitas maupun paguyuban, salah satunya adalah sebuah acara yang telah dilaksanakan oleh PELUNGERS BARLINGMASCAKEB pada hari Minggu pagi 09 Juni 2019.

"Kegiatan yang di gagas oleh sekelompok Peternak Ayam Pelung yang berkumpul dan dan dibawah Naungan HIPPAPN (Himpunan Peternak dan Penggemar Ayam Pelung Nasional) dikemas dalam bentuk KONGBER (KONGKUR BERNILAI) dan dipadukan dengan moment lebaran yaitu SILATURAHMI, " ungkap Einstein yang juga Dosen Fakultas Peternakan Unsoed Purwokerto.

Acara tersebut terlaksana dengan lancar atas kerjasama dengan Pemerintah Desa Piasa Wetan Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara. “Acara seperti ini sangat bagus dan sering-seringlah dilaksanakan sehingga ayam pelung banyak dikenal di kalangan umum. Selain ayamnya besar suaranya juga merdu sehingga ketika mendengar suara ayam berkokok akan terasa damai, " kata Kepala Desa Piasa Wetan Saiman dalam sambutannya. 

Hal senada juga dikatakan oleh Ketua Panitia Agus Triyanto (26) yang merupakan Alumni Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed angkatan 2011), selain silaturahmi Pelaksanaan Kongkur ini bertujuan untuk melestarikan ayam pelung di wilayah BARLINGMASCAKEB.

"Dari segi ekonomi khususnya peternak ayam pelung ketika sering diadakan acara seperti ini maka semakin meningkatnya permintaan, sehingga harga ayam pelung baik kutukan, betina maupun ayam yang sudah berprestasi akan naik. Kenaikan harga anakan ayam pelung juga dipengaruhi oleh indukan-indukan yang berprestasi baik di kalangan lokal terlebih lagi berprestasi di tingkat nasional yang sering diadakan oleh HIPPAPN Pusat, " katanya.

Acara kongber seperti ini bagi para penghoby juga dapat dimanfaatkan untuk mencoba mental dan kualitas suara ayam pelung peliharaanya dalam rangka persiapan kontes-kontes besar yang dijadwalkan oleh HIPPAPN. “Acara ini sangat bagus dilaksanakan, apalagi Juri yang didatangkan adalah juri dari pusat sehingga paham betul kualitas suara-suara ayam yang pantas untuk juara dan siap untuk bersaing di Kontes nasional terlebih lagi minggu depan di Garut dan Cianjur akan dilaksakan Kontes Nasional, " kata Nurhadi (PNS) peserta dari Majenang Cilacap.

HIPPAPN merupakan wadah bagi para pelungers-pelungers di negeri ini, yang bertujuan untuk melestarikan ayam pelung dengan nilai kesenian yang tinggi. Diharapkan pihak pemerintah maupun instansi yang berkaitan dengan ayam baik Dinas Peternakan atau Fakultas Peternakan diseluruh penjuru negeri akan bekerja sama dengan HIPPAPN untuk bersama-sama melestarikan ayam pelung.

Daftar Juara Kongber dan Silaturahim

Dalam kontes tersebut telah ditetapkan pemenang dari berbagai kelas. Kelas Pemula, kategori suara, 1). Nama ayam Jembrung pemilik Akmal (Banjarnegara),

2) Nama Ayam TOPAN pemilik Aji (Ajibarang /Banyumas), 3) Nama Ayam KABARET pemilik Poang (Ajibarang/Banyumas), 4) Nama Ayam JADI PRANA pemilik Irfan (Majenang, Kab.Cilacap), 5) Nama Ayam Teja Pemilik Tri (Majenang, Kab.Cilacap), 6)Nama Ayam GANGGA Pemilik Yono (Majenang, Kab.Cilacap), 7) Nama Ayam RAMU Pemilik Fuad (Kab.Kebumen).

Kategori Penampilan pemenangnya 1) Nama ayam IDAMAN pemilik Charis (Majenang, Kab.Cilacap), 2) Nama ayam BUKRO pemilik Budi (Kroya, Kab.Cilacap)

Kategori Bobot pemenangnya :

1) Nama ayam Asoka Pemilik Irfan (Majenang, Kab.Cilacap).

Juara Kelas KEJORA = ayam yang sudah prestasi tingkat nasional berdasarkan Suara pemenang 1) Nama Ayam MAHESA Pemilik Nurhadi (Majenang, Kab.Cilacap), 2) Nama Ayam BERKO Pemilik Tifa (Kab.Banjarnegara), 3)Nama Ayam ASOKA Pemilik Irfan (Majenang, Kab.Cilacap).

Kategori Penampilan pemenangnya 1) Nama ayam IDAMAN pemilik Charis (Majenang, Kab.Cilacap), 2) Nama ayam BUKRO pemilik Budi (Kroya, Kab.Cilacap) Kategori Bobot pemenangnya 1) Nama ayam Asoka Pemilik Irfan (Majenang, Kab.Cilacap).*(hen/berbagai sumber)

 

 

sam

No comment

Leave a Response