PDAM Banjarnegara Terlalu Lamban Mengatasi Permasalahan Air

 

Matamatanews.com, BANJARNEGARA—Banjarnegara adalah kota yang dikelilingi pegunungan dan dibelah oleh banyak sungai yang mengaliri hampir di sebagian besar  wilayahnya. Keberadaan sungai tersebut menjadi andalan sumber air wilayah Banjarnegara. 

Air menjadi sumber kehidupan paling utama yang  menjadi kebutuhan mutlak dan harus dipenuhi. Di sebagian masyarakat Banjarnegara masih mengandalkan sumur untuk mendapatkan air bersih, tetapi banyak pula yang mengandalkan air PDAM sebagai sumbernya.

Pengguna air PDAM di Banjarnegara saat ini hampir mencapai 9.000 kk. Sumber airnya berasal dari 10 mata air dan sungai Serayu. Perbaikan jaringan dan peningkatan pelayanan sudah menjadi moto Tirta Dharma untuk melayani kebutuhan air masyarakat Banjarnegara. Namun kurang sigapnya perbaikan jika terjadi kerusakan menjadi polemik yang perlu dikaji ulang. Seperti permasalahan yang terjadi saat ini, sudah 3 hari lamanya air PDAM tidak mengalir dikarenakan kerusakan pipa. Kasus lain adalah kerusakan mesin pompa hisap berakibat tidak mengalirnya air selama hampir setengah bulan. 

Kejadian seperti ini sering terulang kembali hingga masyarakat mengalami kesulitan air bersih. Harapan utama masyarakat Banjarnegara adalah penanganan kerusakan fasilitas sumber air menjadi prioritas utama untuk menjaga mutu pelayanan publik.*(javi,andi,hen)

sam

No comment

Leave a Response