PBB Nobatkan Malala Sebagai Remaja Paling Terkenal Abad 21

 

Matamatanews.com, NEW YORK—Sebuah laporan Perserikatan Bangsa – Bangsa (PBB) menyebutkan bahwa peraih Nobel Pakistan Malala Yousafzai telah menjadi remaja paling terekanl di dunia pada dekade kedua abad ke-21. Menurut ulasan tersebut, layanana berita PBB melihat kembali beberapa cerita besar yang terjadi di masa remaja abada ke-21 dan pengakuan global Malala menduduki puncak kisah positif yang dibuka antara tahun 2010 hingga 2019.

Bagian pertama dari tinjauan tersebut mencakup periode antara 2010 dan akhir 2013 ketika Haiti diguncang gempa dahsyat. Ketika itu Malala berupaya keras mempromosikan pendidikan anak perempuan yang rentan mendapat perlakukan kasar,terutama di negara atau daerah yang sedang dilanda konflik.

“Sejak usia muda, siswa Pakistan Malala Yousafzai dikenal karena berbicara dan mendukung para gadis yang berpendidikan dan menyoroti kekejaman Taliban,” sebut laporan tersebut.Hal itu menunjukkan bahwa Malala lahir dan dibesarkan di Lembah  Swat yang saat itu tengah bergejolak dan ketika ia naik bus sepulang sekolah pada Oktober 2012 lalu, Malala dan dua gadis lainnya ditembak seorang pria bersenjata dari kelompok Taliban.Meski pria itu memuntahkan peluru ke kepala Malala, namun ia selamat dan pulih seperti sediakala.

“Aktivisme dan profil Malala baru tumbuh sejak upaya pembunuhan. Dia memenangkan beberapa penghargaan tingkat tinggi, termasuk Hadiah Nobel Perdamaian 2014 dan menjadi Utusan Damai PBB pada tahun 2017, dengan fokus khusus pada pendidikan anak perempuan, ”tambah laporan itu.(cam)

 

redaksi

No comment

Leave a Response