Pasukan Libya Gempur ISIS Di Sirte

 

Matamatanews.com, SIRTE—Pasukan Libya yang merupakan pejuang dari Mirsata menggempur kelompok militan ISIS di Sirte sepanjang akhir pekan lalu dan berhasil merebut penjara dan masjid. Sejak pasukan Libya yang dibantu pasukan udara Amerika Serikat melancarkan serangan besar – besaran, mereka berhasil mengusai sebagian kota Sirte. Seperti dikutip Reuters, juru bicara rumah sakit Misrata, Akram Gilwan, mengatakan sembilan tentara Libya dan 85 luka – luka dalam peperangan sepanjang akhir pekan.

Juru bicara pasukan Libya, Rida Issa, mengatakan pasukan Libya dengan didukung artileri dan tank bergerak dari Bufaraa dan berhasil merebut bangunan yang digunakan sebagai penjara oleh ISIS dan mesjid terbesar di Sirte yaitu masjid Ribat. Amerika Serikat telah melakukan 65 serangan udara di Sirte sejak kamis (18/8) yang ditargetkan untuk truk yang membawa pasokan, kendaraan yang membawa bahan peledak dan tiga markas milik ISIS. Serangan udara AS dimanfaatka pasukan Libya untuk menyerang wilayah ISIS yang penuh ranjau, sniper, dan bom.

Sejak tahun lalu ISIS menduduki Sirte dan membangun Negara Islam dengan idealisme radikal, jika pasukan Libya berhasil merebut Sirte, diperkirakan ISIS akan bergerak ke sejumlah daerah dekat Libya dan membuat kekacauan disana.(Aditia/Reuters/CNN/Berbagai sumber

sam

No comment

Leave a Response