Pasukan Gabungan Syiah-Rusia Kuasai Aleppo

 

Matamatanews.com, ALEPPO – Konflik berkepanjangan yang telah berlangsung selama bertahun-tahun di kota Aleppo kini telah berakhir. Menurut sumber-sumber barat, pertempuran di Aleppo telah berakhir setelah para pejuang Suriah sepakat untuk mundur lewat gencatan senjata pada hari selasa (13/12/2016) kemarin.

Duta Besar Rusia untuk PBB, Vitaly Churkin mengatakan, “Dalam beberapa jam terakhir kami telah menerima informasi mengenai aktivitas militer di Aleppo timur sudah berakhir, perang sudah berakhir”. Selain itu, ia juga menegaskan bahwa pihak pemerintah Syiah Suriah telah mengambil alih kendali terhadap wilayah tersebut.

“Masalah sangat sulit terkait dengan situasi di Aleppo timur telah berakhir, marilah kita berharap bahwa ini memang merupakan prasyarat untuk melakukan usaha politik, melakukan perundingan kembali”, lanjut Churkin.

Meski demikian, pertempuran di Suriah masih jauh dari akhir karena para pejuang pembebasan Suriah masih mempunyai tempat-tempat yang kuat di daerah lain. Seorang militer yang pro-syiah Assad mengatakan bahwa evakuasi pasukan dimulai pada rabu pagi.

Gencatan senjata ini telah dibahas sebelumnya oleh Turki dan Rusia, sementara itu Amerika tidak ikut serta. Para pejuang Suriah telah sepakat dengan pemerintah Suriah untuk memungkinkan melakukan evakuasi terhadap warga sipil serta pejuang oposisi untuk meninggalkan Aleppo. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response