Pasar Lodra Jaya Destinasi Digital Wisata Banjarnegara

 

Matamatanews.com, BANJARNEGARAKementrian Pariwisata tengah menggalakan Destinasi Digital Wisata di Indonesia pada tahun 2018 lalu. Salah satunya adalah Pasar Lodra Jaya yang menjadi salah satu dari 100 destinasi digital di Indonesia. Pasar ini berada di Desa Winong Kecamatan Bawang, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Desa Winong mungkin sering kita dengar dan lihat di media sosial maupun elektronik akhir akhir ini. Pasar tradisional yang unik Lodra Jaya inilah yang mengangkat desa Winong menjadi buah bibir bagi pecinta kuliner dan wisata di tanah air.  Berada kurang lebih 20 menit dari pusat kota Banjarnegara, pasar yang diresmikan oleh Kemenpar pada 18 November 2018 ini menghadirkan berbagai kuliner  jajanan pasar dengan nuansa tempo dulu yang dikemas dengan apik nan unik.

Lodra Jaya sendiri diambil dari nama tokoh desa Winong kala itu yang merupakan seorang prajurit Pangeran Diponegoro. Dia digambarkan sebagai seorang ksatria Jawa yang hebat berkostum lurik dan memakai blangkon sebagai ciri khas seorang punggawa kerajaan. 

Menurut Sukron penjual kopi rempah dan Sri Wahyuningsih penjual sosis bakar, pasar Lodra Jaya dibuka setiap hari Minggu mulai pukul 7 - 12 wib. Ada 20 stand yang menjual aneka jajanan tradisional seperti nasi jengkol, sega inthil, sega jagung, soto gobyos, bakso, klepon, cimplung, rujak suun, es badheg, dawet ayu, teh/kopi rempah, sosis bakar dan lain lain. " Pembeli tinggal menukarkan uang dengan "kethip" sebagai alat bayar setiap kethip nilainya 2500 rupiah, " kata Sukron kepada Matamatanews.com.

Selain kuliner pasar Lodra Jaya juga menyajikan aneka zona edukasi dan bermain. Zona dolanan bocahmerupakan tempat bermain anak seperti egrang, congklak sudamanda dan permainan tradisional lainnya. Zona edukasi tempat bagi anak anak maupun pengunjung untuk belajar melukis dengan media kain dan keramik. Zona panggonan udud menjadi tempat yang unik diperuntukan bagi perokok atau yang lazim disebut smooking area. Panggung kreasi deperuntukan bagi kaum muda maupun komunitas yang ingin menunjukkan kebolehanya.(javi,andi,hen)

 

 

 

sam

No comment

Leave a Response