Pasar Banjarnegara Dilalap Si jago Merah

 

Matamatanews.com, BANJARNEGARA-Kebakaran melanda Pasar Induk Kabupaten Banjarnegara, Jalan Letnan Kardjono Kp. Timur Pasar RT 02/05 Kel. Krandegan Kec/Kab. Banjarnegara, Kamis, (11/03/2021) pukul 18.00 WIB.

Kebakaran diduga akibat konsleting listrik. Menurut penuturan saksi Harsono (48) dan Sujito (59) kejadian bermula saat mereka diberitahu oleh Ny. Wahyu Siti bahwa di salah satu kios milik Novi penjual jajanan anak muncul percikan api pada pukul 18.00 WIB. Kios tersebut berada di sebelah barat daya lantai 2 Pasar Kota.

Kemudian saksi mendatangi sumber percikan api, namun sesampai di sana api mulai membesar dan membakar seisi kios. Harsono dan beberapa pedagang serta penjaga malam berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Sekitar pukul 18.15 WIB saksi berusaha menghubungi kepala UPT Pasar Induk dan Sekdin Disperindakop dan UMKM Kab. Banjarnegara, namun tidak mendapatkan respon yang jelas.

Harsono kemudian menghubungi dr. Amalia Desiana (Ketua PMI Kab. Banjarnegara) melalui video call Whatsapp mengabarkan bahwa pasar Induk Kab. Banjarnegara telah terbakar. Selang 5 menit, 2 unit Damkar tiba di lokasi kejadian namun tidak sanggup memadamkan api yang sudah menjalar ke seluruh area sebelah Utara pasar.

Pukul 18.45 WIB datang lagi 1 unit Damkar mencoba memadamkan api namun usaha ini belum berhasil. Hingga pukul 19.50 WIB Pemadam Kebakaran dan pedagang dibantu warga sekitar bergotong royong memadamkan api dan berusaha menyelamatkan barang dagangan.

Kebakaran berlangsung hampir 6 jam namun api belum seepenuhnya bisa di padamkan. Hingga pukul 00.30 WIB bantuan beberapa unit mobil DAMKAR dari kabupaten tetangga juga belum membuahkan hasil. Beberapa kendala yang menyulitkan petugas adalah karena ada beberapa pintu kios yang dikunci oleh pemiliknya. Nyaris tidak ada celah untuk menjangkau lebih dalam ke titik kebakaran, sehingga petugas kesulitan untuk memadamkan api di dalam kios yang terkunci tersebut.

Kobaran api tidak hanya menghanguskan seluruh kios di Lantai 2, tetapi juga kios yang berada di Lantai 1 sebagian besar ludes terbakar. Api baru bisa dipadamkan pada pukul  02.00 WIB oleh petugas gabungan.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, kerugian belum bisa ditaksir namun seluruh kios dan los di lantai 2 terbakar habis. Untuk sementara para pedagang di pindah di depan Terminal Induk Kabupaten Banjarnegara. (Nusa/Berbagai Sumber)

 

redaksi

No comment

Leave a Response