Panglima TNI Cegah Korps Berpihak Ke Agus Yudhoyono

 

Matamatanews.com.JAKARTA—Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo kumpulkan perwira tinggi di Cimahi, Jawa Barat, ketika menerima laporan bahwa Mayor Agus Harimurti Yudhoyono mengundurkan diri sebagai prajurit TNI dan mencalonka diri sebagai Gunernur DKI Jakarta pada Pemilihan Kepala Daerah serentak 2017.

“ Begitu saya membaca surat kemunduran Mayor Agus, saya kumpulkan semua panglima di Cimahi, saya perintahkan untuk netral dan berpihak pada keamanan,” ujar Gatot di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (5/10/2016).

Ia mengatakan, keikutsertaan Agus dalam Pemilihan Kepala Daerah akan mempengaruhi psikologi para prajurit yang ada dibawahnya. Mereka dikhawatirkan akan bersimpati mendukung Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“ Justru manatan Mayor Agus iyalah komandan batalyon di Tanggerang yang dekat dengan Jakarta, secara psikologis pasti ada prajurit yang simpati untuk mendukungnya,” tegas Gatot.

Gatot menambahkan tujuan mengumpulkan panglima, agar para perwira tinggi yang bertanggung jawab di setiap daerah dapat menyampaikan kepada para prajuritnya hingga ke level terendah, mengenai fungsi TNI.

“ Supaya mereka paham betul apa itu netral, kemudian melakukan pengawasan keamanan,” ujarnya.

Ia juga menghimbau masyarakat untuk ikut mengawasi proses pelaksanaan pilkada di setiap daerah serta Masyarakat diminta melapor ke instansi terdekat jika mengetahui ada personel TNI yang tidak netral. Dalam Pilkada 2017 ini, TNI berada dibawah kendali operasi Polri.

“ Tolong laporkan ke instansi terdekat, Koramil, Kodim, Pospom, dengan identitas anggota TNI yang jelas. TNI pasti akan melakukan proses penyidikan dan penyelidikan kasus itu,” imbuhnya. (Adith/Berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response