Pangkalan Militer Turki di Afrin Ditembaki Militan SDF

 

Matamatanews.com, ANKARA—Pasukan Demokratik  Suriah (SDF- Syrian Democratic Forces) yang lebih condong berafiliasi ke kelompok teroris PKK Suriah (Parti Karkerani Kurdistan- Partai Pekerja Kurdistan) dan kelompok Unit Perlindungan Rakyat ( YPG) dikabarkan menembaki pangkalan militer Turki di desa Mariamin Afrin dengan mortir pada Selasa malam, kata sejumlah sumber lokal disana.

Seperti dilaporkan Daily Sabah, sejauh ini belum ada korban jiwa, meski tidak dipungkiri  sempat terjadi pertempuran kecil antara pasukan YPG dengan pasukan Turki di perbatasan Serekaniye, dekat kota perbatasan Ras al-Ain.

Ankara dikabarkan telah mengirimkan banyak kendaraan lapis baja ke perbatasan dengan Suriah ketika negara tersebut bersiap untuk melancarkan operasi anti-teror lintas perbatasan ketiganya, yang kali ini untuk membersihkan daerah itu dari berbagai rongrongan aktivis teroris dan selnya yang pada akhirnya menjadi zona aman bagi warga Suriah. Puluhan kendaraan berat militer terlihat bergerak dalam konvoi besar di kota Turki Akcakale di provinsi Lanliurfa.

Berbagai jenis peralatan konstruksi yang menjadi bagian dari konvoi juga turut dikirim untuk memperkuat unit militer di perbatasan, tulis kantor berita Turki Anadolu Agency.Sebelumnya Kementerian Pertahanan Turki mengatakan bahwa persiapan operasi militer di Suriah utara terhadap milisi YPG yang didukung Amerika Serikat telah selesai.

Presiden Recep Tayyip Erdogan sendiri pada Senin lalu telah berulang kali mengancam akan melancarkan serangan terhadap para kelompok teroris  dan Turki akan memulai operasi “tanpa adanya peringatan”.(cam)

 

 

redaksi

No comment

Leave a Response