Pangan Organik Pilihan Tepat Menuju Sehat

 

Matamatanews.com, JAKARTA –Pangan yang diproduksi menggunakan metode pertanian organik, yang membatasi input pestisida sintetik dan pupuk kimia serta diproduksi sesuai dengan standar organik yang diterapkan oleh pemerintah suatu negara dan organisasi internasional.

Pangan organik lebih menyehatkan dibanding pangan non-organik yang terpapar pestisida. Selain bebas kimia, pangan organik juga menjanjikan rasa yang lebih enak dan nutrisi lebih baik. Poin ini penting, terutama bagi ibu hamil dan bayi.

“ Pangan organik tumbuh tanpa penggunaan kimia sintetik macam pestisida atau pupuk artifisial, tanpa komponen modifikasi genetik, tanpa eksposur pada radiasi,” tutur juru bicara Choice Nicky Breen, dilansir Huffington Post Australia.

Bukan berarti semua pangan berlabel organik menyehatkan. Di sisi lain, label organik juga dapat menyesatkan bagi mereka yang tidak sepenuhnya memahami. Asal muasalnya juga perlu diperhatikan. Ahli nutrisi menyarankan untuk membeli di pasar atau petani lokal.

 “Penting juga memperhatikan segi pengiriman serta waktu perjalanan dan penyimpanan. Artinya, membeli di pasar petani lokal ialah opsi terbaik,” ungkap ahli nutrisi Zoe Bingley-Pullin kepada Huffington Post Australia.

Sebagaimana disyaratkan U.S Departement of Agriculture (USDA) melalui Program Nasional Organik menuntut “ Praktek organik yang memperhatikan segi budaya, biologi, mekanik, keseimbangan ekologi serta keberagaman hayati.”

Pangan organik tidak sebatas produk nabati, melainkan juga produk hewani dari daging, unggas susu, telur, sampai susu. “ Mereka tumbuh tanpa obat – obatan regular, steroid, hormon dan antibiotik,” imbuh Nicky.

Seperti dikutip Men’s Fitness, menurut USDA lingkungan pertanian dan peternakan organik juga harus bersih dan bermandi sinar matahari. Pengerjaan awal sampai penanganan limbah harus benar – benar dijaga kualitasnya.

Dengan prosesnya yang begitu natural, wajar harga pangan organik lebih mahal. Zoe Bingley-Pullin meyakini, manfaat yang didapat sepadan. Utamanya dari perspektif kesehatan. “ Pangan organik tidak memakai pestisida dan mengandung antioksidan tinggi,” ungkapnya. (Adith/Berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response