Pakistan Dukung Azerbaijan Selesaikan Masalah Nagorno-Karabakh

 

Matamatanews.com, ISLAMABAD—Perdana Menteri Pakistan Imran Khan mengatakan bahwa Pakistan mendukung penuh Azerbaijan untuk menyelesaikan masalah Nagorbno-Karabakh sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Seperti dilansir Pakistan Today, dalam tweetnya pada hari Minggu (18/10/2020) kemarin, Imran Khan juga memberikan penghargaan kepada pasukan Azeri yang berani membela integritas wilyah mereka. Ia juga menyampaikan ucapan selamat kepada presiden dan orang-orang persaudaraan Azerbaijan pada Hari Kemerdekaan mereka.

Ditempat terpisah, kantor Luar Negeri (FO) menyambut baik gencatan senjata yang disepakati antara Azerbaijan dan Armenia untuk mencegah krisis kemanusiaan lebih lanjut.

“Ini adalah perkembangan positif untuk perdamaian dan stabilitas. Kami berharap kondisi kemanusiaan yang disepakati oleh para pihak akan dihormati sepenuhnya, ”kata Juru Bicara FO Zahid Hafeez Chaudhri dalam menanggapi pertanyaan dari orang media terkait gencatan senjata 18 Oktober kemarin.

Juru bicara itu mengatakan Pakistan percaya bahwa perdamaian yang berkelanjutan antara kedua pihak akan bergantung pada implementasi lengkap dan komprehensif dari resolusi Dewan Keamanan PBB (DK PBB) dan penarikan pasukan Armenia dari wilayah Azerbaijan.

"Pakistan mendukung negara persaudaraan Azerbaijan dalam upayanya untuk menyelesaikan masalah Nagorno-Karabakh sejalan dengan beberapa resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa," katanya.

Armenia dan Azerbaijan mengatakan pada Sabtu mereka telah menyetujui gencatan senjata kemanusiaan baru mulai tengah malam (2000 GMT) dalam memperebutkan daerah kantong Nagorno-Karabakh yang dikuasai etnis Azerbaijan. Kedua belah pihak sebelumnya saling menuduh melakukan serangan baru yang melanggar gencatan senjata yang ditengahi Rusia selama seminggu yang telah gagal menghentikan pertempuran terburuk di Kaukasus Selatan sejak 1990-an.(bar/pakistan today)

redaksi

No comment

Leave a Response