"Paguyuban Baraya Pasundan" Wadah Komunitas Pasundan Di Banjarnegara

 

Matamatanews.com, BANJARNEGARA- Hari Sabtu Pon tanggal 19 September 2020  merupakan hari bersejarah bagi komunitas Pasundan atau Jawa Barat yang berdomisili di daerah Banjarnegara dan sekitarnya. Hari itu menjadi momentum berdirinya Paguyuban komunitas mereka yang diberi nama "BARAYA PASUNDAN BANJARNEGARA" dengan slogannya "SALUYU AKUR JEUNG BATUR NGAJADI DULUR,"  yang maknanya JALIN SILATURAHIM PERBANYAK SAUDARA. 

Terbentuknya paguyuban yang berdiri di RT 003 RW 02 Kel.Semarang, Kec.Banjarnegara ini dikarenakan banyaknya orang Pasundan yang merantau di wilayah Kabupaten Banjarnegara, ada yang menetap maupun yang belum menetap.

Paguyuban Baraya Pasundan (PBP) Banjarnegara diprakarsai oleh sembilan orang yaitu Riky Gumilar, Saepul Anwar, Nana Taryana, R.Zulfirman, Ahmad Deni  Mulyadi, Ramdan Ramdani, Toni Prayudi, Kiking Ridwanullah dan Kang Didi.

Salah seorang pencetus PBP R.Zulfirman mengungkapkan, dengan terbentuknya wadah tersebut diharapkan dapat menyatukan saudara mereka yang menyebar di seluruh wilayah Kabupaten Banjarnegara saat ini dan yang akan datang. Disamping dapat mempererat tali silaturahim kata Zulfirman, juga dapat meningkatkan perekonomian saudara-saudara mereka yang ada di Banjarnegara. 

"Apabila ada saudara kami dari masyarakat Banjarnegara yang ingin ikut bergabung dalam Paguyuban Baraya Pasundan Banjarnegara, dengan senang kami mempersilahkannya. Kami pun memaklumi bahwa sebagian dari saudara kami orang Pasundan sudah membaur dalam hubungan pernikahan dengan masyarakat Banjarnegara, "kata Zulfirman. 

Sementara itu Ahmad Deni Mulyadi mengatakan bahwa kebebasan berkumpul dan berserikat termaktub dalam pasal 28 Undang - Undang Dasar 1945, berbunyi "Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran baik dengan lisan maupun tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan undang- undang". 

"Perlu diingat bahwa negara Indonesia sebagai negara hukum yang wajib menghormati hak masyarakat, maka kami pun membuat suatu wadah atau Paguyuban. Saat ini anggota Paguyuban baru berjumlah 27 anggota, insya Allah nantinya akan terus bertambah," kata Akhmad Dedi. 

PBP Banjarnegara memiliki Visi dan Misi diantaranya: 

Visi :  Menyatukan dan meningkatkan rasa persaudaraan antar anggota dan masyarakat setempat dalam bentuk menjalin tali silahturahmi.

 Misi :

 -   Meningkatkan potensi bagi para anggota Paguyuban, baik di bidang ekonomi, seni maupun budaya. 

 -   Membangun kepribadian bagi para anggota Paguyuban yang berahklak mulia dan bermanfaat bagi masyarakat juga dilingkungan di sekitarnya.

-   Dapat bersinergi dengan kebijakan pemerintah setempat. 

Zulfirman berharap kiranya PBP Banjarnegara mendapat dukungan dan perhatian dari para sesepuh yang berada di Jawa Barat maupun di Banjarnegara ataupun Pemerintah Daerah setempat. 

"Tidak lupa kami memohon Ridho Allah SWT agar PBP Banjarnegara ini dapat berjalan dengan lancar dan langgeng sampai ke anak cucu, sesuai dengan harapan seluruh anggota Paguyuban ini," ujarnya.

"Kami juga mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya bagi siapa saja yang telah mendukung berdirinya PBP Banjarnegara. Puji dan syukur kehadirat Allah SWT, semoga Tuhan Yang Maha Esa melimpahkan tauhid dan hidayahNya kepada kita semua. Aamiin Yaa Robbal Alamiin, "pungkasnya. (Jofi)

 

redaksi

No comment

Leave a Response