Otomatisasi Mesin Jadi Tantangan Bagi Manusia

 

Matamatanews.com, INGGRIS  –Universitas Oxford beserta Deloitte, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penasehat bisnis melakukan sebuah studi dan mengungkap sesuatu yang mengkhawatirkan, dimana hasil studi mereka meperkirakan tahun 2030 mendatang sekitar 850 ribu sektor pekerjaan akan digantikan otomatisasi mesin.

Menurut laporannya 1,3 juta lapangan pekerjaan yang mulai digantikan oleh otomatisasi mesin mencapai 77 persen, seperti dibidang transportasi maupun administrasi.

Hal ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi manusia untuk dapat memaksimalkan kemampuannya agar tidak digantikan oleh mesin yang semakin lama tidak terelakan lagi. Saat ini pekerjaan yang biasanya dikerjakan manusia secara tradisional seperti merakit mobil sampai membuat tenunan baju, mulai digantikan oleh mesin. Karena dapat memproduksi lebih cepat dan terjaga kualitasnya.

Sektor pekerjaan lain yang mulai digantikan oleh mesin seperti pekerjaan di pabrik-pabrik saat ini, yang menyebabkan terjadinya PHK besar-besaran. Hal ini seakan menjadi jalan terbaik bagi para pemberi kerja untuk dapat menekan gaji maupun kesejahteraan para pekerjanya. (Andro DP/Berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response