Operasi Cakar Harimau Turki Hancurkan Basis Teroris PKK di Irak Utara

 

Matamatanews.com, ANKARA—Dalam upaya menetralisir dan mempersempit ruang gerak kelompok teroris PKK terutama yang berada di wilayah Haftanin Irak, pemerintah Turki akhirnya meluncurkan “Operasi Cakar Macan” ( Operation Claw Tiger), kata Kementerian Pertahanan Nasional Turki, yang diumumkan pada Rabu (17/6/2020) lalu seperti dikutip Al Mujtamaa Magazine.

Dalam Twitternya Kementerian mengatakan bahwa pasukan komando Turki sudah berada di wilayah Haftanin Irak seraya menambahkan operasi itu dilakukan untuk menetralisir kelompok  PKK dan elemen-elemen teroris lainnya yang mengancam keamanan rakyat di perbatasan Turki. 

Pasukan komando Turki ini didukung Angkatan Udara, helikopter ATAK, kendaraan udara tak berawak (UAV) dan kendaraan udara tak berawak tempur (UCAV) telah memasuki wilayah untuk melakukan operasi serangan udara.

"#Operation Claw-Tiger sedang dilakukan sebagai bagian dari hak-hak pertahanan kami yang sah yang timbul dari hukum internasional yang berorientasi pada PKK dan unsur-unsur teroris lainnya yang baru-baru ini berusaha meningkatkan pelecehan dan serangan terhadap kantor polisi dan daerah pangkalan kami," pernyataan itu menambahkan.

Menteri Pertahanan Hulusi Akar dan Komando Angkatan Bersenjata Turki mengelola dan mengirim operasi dari Pusat Kontrol Komando Angkatan Darat.Kementerian juga berbagi adegan awal operasi dalam sebuah video. 

Pada hari Senin, kementerian mengumumkan dimulainya Operasi Claw-Eagle di Irak utara, mencatat jet tempur Turki telah menghancurkan berbagai gua tempat para teroris berlindung serta sejumlah pangkalan teroris di Sinjar, Qandi, Karacak, Zap, Avasin-Basyan dan Hakurk.

Dalam kurun  30 tahun lebih kampanye terornya melawan Turki, PKK - yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, Amerika Serikat dan Uni Eropa harus bertanggung jawab atas kematian hampir 40.000 orang, termasuk wanita, anak-anak dan bayi.(cam)

redaksi

No comment

Leave a Response