Obi Robot Penyuap Membantu Penyandang Disabilitas

 

Matamatanews.com,JAKARTAObi, sebuah lengan robot yang memungkinkan orang dengan disabilitas untuk dapat makan sendiri, memulihkan rasa percaya diri yang mungkin telah hilang. Obi menyerupai alat dapur yang stylish, dan menawarkan dua tombol sederhana dengan satu tombol memilih mana makanan untuk diambil dan tombol lainnya mengendalikan sendok masuk ke dalam makanan dan kemudian bergerak untuk menyuapkan makanan tersebut ke mulut penggunanya.

"Tidak banyak robot yang dibuat berguna, kecuali mungkin Roomba vacuum, yang orang-orang saat ini gunakan untuk kebutuhan dasar sehari-hari yang benar-bnear berdampak pada kehidupan mereka dengan cara yang berarti," ujar Dekar. "Dalam sebagian besar, mereka benar-benar robot manipulator industri yang mahal, perangkat jenis hobi, atau mainan. Kami pikir Obi adalah salah satu perangkat robot pertama yang benar-benar dirancang denganbaik dan dimaksudkan untuk mempengaruhi rutinitas sehari-hai dari konsumen."

Dekar bahkan menegaskan, adalah hal yang mungkin untuk mengubah sistem operasi Obi, tergantung pada kebutuhan fisik dari pengguna/operator. "Kami memastikan bahwa ada sebuah saklar aksesibilitas di pasar yang dapat digunakan oleh setiap pelanggan untuk mengoperasikan mesin," ujarnya, menjelaskan diskusi yang digelar perusahaan dengan konsumen potensial ketika mereka menunjukan suatu hal yang menarik dari Obi. "Ini bisa menjadi dimanapun seseorang memiliki mobilitas dalam tubuh mereka: tidak masalah jika seseorang hanya memiliki ketangkasan pada jari kelingking mereka, atau yang hanya mereka bisa lakukan ialah mengedipkan mata mereka. Kami belum menemukan calon yang kita rasa mampu untuk melengkapi dengan sebuah alihan sehingga mereka bisa mengoperasikan Obi."

Robot dengan harga $ 4.500 (sekitar Rp 58 juta) ini dilengkapi dengan dua sendok yang dapat ditukar, tatakan, piring yang dapat disesuaikan dengan empat mangkuk berbeda, dan kabel pengisian dan dokumentasi. [Clo/timBX/Andro DP/berbagai sumber]

sam

No comment

Leave a Response