Neil Gorsuch, Calon Hakim MA Pilihan Trump

 

Matamatanews.com, WASHINGTON DC – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump menunjuk Neil Gorsuch sebagai calon hakim Mahkamah Agung AS. Neil yang saat ini berusia 49 tahun merupakan seorang hakim di sebuah pengadilan banding federal di Denver, Colorado.

“Ini menjadi proses seleksi hakim MA paling transparan dan penting sepanjang sejarah negara kita dan saya ingin warga bersuara atas pencalonan ini. Neil mempunyai kecerdasan yang luar biasa dengan pendidikan hukum yang tidak ada bandingannya, sangat disiplin dan mempunyai dukungan bipartisan”, ujar Trump yang dilansir Sky News.

Gorsuch dikenal sebagai penganut originalism yakni prinsip hakim harus menafsirkan Konstitusi Amerika dengan memahami latar belakang hukum tersebut ditulis pada masanya, tanpa filter modern.

Sementara itu, Gorsuch mengatakan, “Kenetralan dan independen, kolegialitas dan keberanian ialah hal yang diharapkan dari para hakim”. Gorsuch merupakan Hakim Mahkamah Agung termuda yang terpilih dalam seperempat abad terakhir.

Saat ini terdapat empat Hakim Agung untuk kubu Konservatif yakni John Roberts, Anthony Kennedy, Clarence Thomas dan Samuel Alito. Sedangkan empat Hakim Agung lainnya berada di kubu Liberal yakni Ruth Bader Ginsburg, Stephen Breyer, Sonia Sotomayor dan Elena Kagan. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response