Negara Bagian AS Maryland Borong 500 Ribu Alat Uji Virus Korona dari Korsel

 

Matamatanews.com, WASHINGTON— Negara bagian Amerika Serikat (AS) Maryland seperti dilaporkan Kantor Berita Korea Selatan YONHAP telah membeli alat uji virus korona sebanyak 500 ribu buah dengan nilai sekitar US$ 9 juta, kata Gubernur Larry Hogan, pada Senin (20/4/2020) lalu.

Dalam sebuah  konferensi pers  yang digelar di negara bagian Annapolis, Hogan yang didampingi istrinya mengatakan, pembelian alat uji tersebut dijuluki “Operation Enduring Frienship”

"Operation Enduring Friendship diluncurkan pada hari Sabtu, 28 Maret, ketika saya meminta istri saya, Yumi, untuk bergabung dengan saya dalam panggilan dengan duta besar Korea untuk Amerika Serikat, Lee Soo-hyuck," kata Hogan.

"Kami berbicara tentang hubungan khusus antara Maryland dan Republik Korea, dan kami mengajukan permohonan pribadi di Korea, meminta bantuan mereka. Panggilan itu menggerakkan 22 hari berturut-turut pemeriksaan, pengujian, negosiasi dan protokol," jelasnya.

"Kami mengadakan panggilan yang tak terhitung jumlahnya hampir setiap malam. Kadang-kadang, sepertinya sepanjang malam, bekerja melalui hambatan bahasa dan perbedaan waktu 13 jam," tambahnya.

Pengiriman pertama tiba pada hari Sabtu dengan pesawat penumpang Korean Air. Hogan mengatakan dia dan istrinya pergi ke bandara BWI di Baltimore untuk menyambut perlengkapan yang dibuat oleh perusahaan Korea Selatan bernama LabGenomics.

"Kapasitas uji 500.000, yang baru saja kami peroleh,

Hogan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Korea Selatan, terutama kepada Presiden Moon Jae-in dan Perdana Menteri Chung Sye-kyun, termasuk kepada Gubernur yang dikenal di Korea Selatan sebagai "Hangook sawi," yang berarti "menantu rakyat Korea."

Pembelian test kit coronavirus Korea Selatan oleh Maryland mengikuti pengiriman 750.000 tes terpisah kepada pemerintah federal AS atas permintaan Presiden Donald Trump. ( bar/yonhap/the korea herald)

redaksi

No comment

Leave a Response