Nasib Muslim Rohingya Yang Kian Terjepit

 

Matamatanews.com, BURMA – Tentara Myanmar mengaku telah berhasil menembak mati sejumlah muslim rohingya di kawasan Rakhine, Minggu (13/11/2017). setidaknya 25 orang muslim rohingya dikabarkan tewas akibat aksi penembakan yang dilakukan tentara Myanmar dengan menggunakan helikopter tempur.

Tentara Myanmar menggunakan helikopter tempur untuk menembaki desa-desa di negara bagian Rakhine. Seorang tentara mengatakan, serangan tersebut merupakan operasi pembersihan yang menyasar kaum militan bersenjata.

Media pemerintah beralasan, pengerahan helikopter tersebut dilakukan akibat dua tentara dan enam orang penyerang tewas dalam sebuah bentrokan saat penyergapan terhadap tentara.

Human Rights Watch merilis foto-foto yang menunjukan desa-desa yang hangus terbakar, foto tersebut diambil antara tanggal 22 Oktober dan 10 November. Menurut kelompok hak asasi setidaknya 430 bangunan-bangunan hangus terbakar.

Sementara itu, pemerintah Burma tidak memberikan izin kepada para wartawan independen untuk masuk dan meliput ke dalam Rakhine. Sehingga tidak dapat memverifikasi klaim terkait pertempuran di Rakhine. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response