NASA Luncurkan Kamera Perekam Semburan Roket

 

Matamatanews.com,JAKARTA—Badan antariksa Amerika Serikat,NASA baru saja meluncurkan kamera terbaru yang dapat merekam semburan  dari roket. Tekhnologi High Dynamic Range Stereo X atau laazim disebut HiDyRs-X ini dirancang dapat merekam gerakan lambat (slow motion) dengan menggunakan dynamic range yang lebih tinggi. Dalam proses perekaman  diketahui bahwa api yang dihasilkan dari roket terlampau terang. Dalam Ujicoba ini NASA menggunakan roket terbaru Space Launch System menggunakan pendorong berkapasitas 5.5 ton bahan bakar hingga menciptakan daya dorong mencapai 1.6 kilogram.

Dengan kamera HiDyRs-X  gambar yang dihasilkan sesuai aslinya,berbeda dengan pengambilan gambar sebelumnya yang menggunakan dua pilihan,yaitu dengan cara menerangkan cahaya api hingga sekitarnya menjadi gelap, dan kedua merekam semua objek namun cahaya api hanya berwarna putih tidak utuh.

HiDyRs-X sendiri dapat menangkap cahaya  beragam dalam satu kali lalu dikombinasikan dalam satu video HDR. Bila kita menyaksikan  rekaman video tersebut,seperti menonton film-film Hollywood yang menggunakan special effect. Akan tetapi ujicoba yang dilakukan NASA tersebut masih kurang sempurna, seperti tidak aktifnya timer di kamera hingga ketika proses penyalaan roket tidak menghasilkan gambar yang optimal. Howard Conyers,tekhnisi NASA yakin bahwa kekurangan itu nantinya dapat diselesaikan hingga HiDyRs-X bisa digunakan lebih maksimal. Semoga. (Andro DP/CNN/Berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response