Mosi Tidak Percaya Parlemen Israel Akhiri Kepemimpinan Netanyahu

 

Matamatanews.com, TEL AVIV—Masa jabatan Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu yang berkuasa selama 12 tahun diperkirakan akan berakhir, karena Ahad (13/6/2021) kemarin parlemen Israel, Knesset menggelar Pemungutan suara memilih pemerintahan baru yang disahkan 60-59, dengan empat pemilihan.

Seperti di lansir kantor berita Palestina,WAFA, kabinet baru rencananya akan dilantik setelah mosi tidak percaya Knesset dimenangkan yang dibuat bersama pemimpin oposisi tengah Yair Lapid dan ultra-nasionalis Naftali Bennet.

Meski telah berusia 71 tahun, Netanyahu yang biasa disebut Bibi dikenal sebagai pria yang cerdik. Ia pemecah rekor memegang kekuasaan selama 12 tahun berturut-turut melalui beberapa konflik dan periode panjang gejolak politik. Meskipun pernah diadili atas tuduhan penipuan, penyuapan dan pelanggaran kepercayaan, namun Netanyahu tetap menyangkal semua tuduhan tersebut.

Seperti diketahui, Netanyahu menjadi Ketua Partai  Likud pada tahun 1993 dan meraih kemenangan sebagai Perdana Menteri termuda Israel pada 1996, ketika berusia 46 tahun.

Kini Naftali Bennett, kepala partai ultranasionalis kecil, ternyata berhasil mengambil alih sebagai perdana menteri  dan menjegal Netanyahu kembali berkuasa setelah 12 tahun  bercokol sebagai perdana menteri denga berbagai kasus yang  menggayutinya.(cam)

redaksi

No comment

Leave a Response