Miris, Ratusan Perusahaan Internasional Pindah ke Belanda

 

Matamatanews.com, DEN HAAG—Ada sekitar 100 perusahaan internasional pindah ke Belanda dan 325 perusahaan internasional lainnya dikabarkan sedang pikir-pikir untuk menyusul.Hengkangnya ratusan perusahaan internasional tersebut seperti dilansir kantor berita  AFP , karena adanya ketidakpastian tentang keluarnya Inggris dari keanggotaan Uni Eropa (Brexit).Informasi itu disampaikan sejumlah pejabat Belanda pada Senin (26/8/2019) kemarin.

“Sebagian besar perusahaan internasional dari Inggris, Amerika Utara, Asia dan Australia, berminat memindah­kan bisnisnya ke Belanda,” lapor Dinas Investasi Asing Be­landa (NFIA).

Menurut ketua NFIA, Jeroen Nijland, pindahnya perusa­haan-perusahaan internasional karena perkembangan yang tak jelas dari Inggris terkait Brexit tanpa kesepakatan yang berpotensi amat besar mengguncang bisnis mereka. “Alas­an itu membuat perusahaan itu memilih Belanda sebagai markas baru yang potensial di pasar Eropa,” kata Nijland.

Adapun perusahaan-perusahaan internasional yang te­lah pindah ke Belanda adalah Bloomberg, markas Discov­ery Channel untuk kawasan Eropa, serta markas perusahaan elektronik raksasa Sony dan Panasonic di Eropa. Menurut la­poran radio NOS, dari 62 perusahaan yang telah pindah ke Belanda akibat Brexit, bisa menciptakan 2.500 lapangan ker­ja dan investasi senilai 345 juta dollar AS. (cam/kj)

redaksi

No comment

Leave a Response