Militer Irak Sebut, Dua Roket Hantam Jadiriya Baghdad

 

Matamatanews.com, BAGHDAD—Dalam sebuah pernyataan pada hari senin (5/10/2020) militer Irak mengatakan bahwa dua roket Katyusha telah jatuh pada Minggu malam di daerah Jadiriya Baghdad, dekat Zona Hijau yang dijaga ketat, tanpa menimbulkan korban.

Dalam pernyataan itu menyebutkan, salah satu roket mendarat di dekat hotel Babylon  yang biasa digunakan para pelancong dan kadang untuk pertemuan kalangan pemerintah.Pihak militer menuding kelompok teroris bertanggungjawab atas serangan roket yang ditembakkan dari salah satu daerah di bagian barata ibu kota.

Disebutkan, bahwa roket tersebut terbang secara teratur melintasi Tigris menuju Zona Hijau yang dijaga ketat dimana gedung-gedung pemerintah dan misi asing termasuk kedutaan Amerika Serikat (AS) berada.

Dalam pertemuan dengan diplomat terkenal Perdana menteri Irak Mustafa al-Kadhimi berjanji akan melindungi misi asing dan membatasi kepemilikan senjata menyusul adanya ancaman Amerika Serikat untuk menutup kedutaan besarnya di kota itu, tulis Al Arabiya.

Washington menuding bahwa serangan itu dilakukan oleh kelompok milisi yang didukung Iran, namun sejauh ini Teheran belum menanggapi secara langsung insiden tersebut.

Irak yang sering dijadikan tempat kekerasan membuat ketegangan Amerika Serikat – Iran meluas tampaknya ingin menghindari konflik regional sekecil apapun, termasuk dengan Amerika Serikat maupun Iran. (cam)

redaksi

No comment

Leave a Response