Microsoft Berencana Rilis Aplikasi Office Ramah Difabel

 

Matamatanews.com, JAKARTA – Raksasa teknologi Microsoft berencana untuk merilis aplikasi Office ramah difabel, dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (Al) yang manjadikan Microsoft Word dan Power Point dapat digunakan oleh tuna netra.

Microsoft menamakan alogaritma Al pada Office versi baru mereka yang disebut alt-text. Al berperan sebagai “penerjemah” setiap gambar yang tampil di Word atau PowerPoint ke bentuk audio. Microsoft juga menjanjikan kebutuhan kaum difabel dalam menggunakan Office akan lebih mudah. Alt-text akan langsung muncul sejak aplikasi Office dibuka sebagai asisten bagi mereka yang berkebutuhan khusus.

Seperti dilansir The Verge, tim 365 dalam situs blognya menyatakan bahwa pihaknya akan menawarkan anjuran otomatis untuk alt-text ketika anda mengimbuhkan sebuah gambar yang bisa dikenali dengan mudah. Dengan mesin pintar, kemampuan layanan ini akan terus meningkat ketika semakin digunakan sehingga mempermudah akses membuat persentasi yang kaya akan konten.

Al merupakan mesin yang dikalim semakin pintar seiring makin sering aplikasi itu digunakan. Selain itu, Microsoft juga menyiapkan satu fitur tambahan bagi difabel. Sebuah template khusus di aplikasi Office dimana terdapat pembaca dilayar, papan ketik, font, dan warna yang memudahkan bagi mereka yang penglihatannya terbatas dan buta warna.  

Namun fitur-fitur tersebut belum dapat diakses sampai tahun depan. Microsoft menjanjikan fitur tersebut dapat diperoleh dengan berlangganan Office 365. Aplikasi itu juga hanya tersedia di versi desktop. (adith/Berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response