Mewaspadai Adegan Panas Sesama Jenis Film ‘The Assignment’

 

Matamatanews.Com,JAKARTA—Meski sejauh ini belum ada kabar dari pihak importir film film The Assignment akan di rilis di Indonesia,namun sejumlah kalangan meminta agar pihak lembaga sensor film (LSF) melakukan peninjauan ulang terhadap beberapa adegan di dalamnya. Diantara adegan yang dipersoalkan ialah adegan cium dan seks sesama jenis atau lesbi yang dilakukan artis Michelle Rodriguez dengan artis Caitlin Gerard.

”Sebaiknya adegan seks dan  cium sesama jenis dalam film tersebut dihilangkan oleh lembaga sensor film bila ditayangkan di bioskop di Indonesia.Sebagai masyarakat timur,rasanya kurang pantas adegan itu dipertontonkan,meski dalam cerita itu sendiri merupakan adegan antara pria dan wanita,”ungkap ketua Himpunan Jurnalis Muslim Independen (HJMI) Djarot Budiyanto kepada Matamatanews.Com di kantornya dibilangan Cibubur,Kamis (16/3/2017).

Pria yang akrab dipanggil Djarot ini mengatakan,sebaiknya pihak importir film ‘The Assignment’ mempertimbangkan lebih dalam bila serius memasok film tersebut untuk konsumsi Indonesia.” Cara pandang orang timur dengan orang eropa atau barat akan berbeda memandang persoalan ini.Adegan cium sesama jenis atau adegan ranjang bagi orang barat bukan sesuatu yang aneh,tetapi bagi orang timur ,terutama di Indonesia akan menjadi masalah.Kami berharap pihak sensor film memotong adegan vulgar tersebut,bukan melarang tetapi memotong.Itupun bila filmnya masuk ke Indonesia,dengan adanya pemotongan bukan berarti film tidak bisa dinikmati,toh cerita berjalan sesuai alurnya,”lanjut Djarot.

Hal senada juga dilontarkan praktisi hukum dan pemerhati masalah pendidikan,Saptadi Hendranata,SH,MH di kantornya, menurutnya  film tersebut  secara tidak langsung mulai mempromosikan keabsahan hubungan sesama jenis,terutama lesbi.

“Meski hubungan sesama jenis telah diketahui banyak orang,bukan berarti perilaku menyimpang seperti  itu mendapat pembenaran masyarakat,apalagi di Indonesia. Saya setuju adegan vulgar itu dihilangkan,meski dalam cerita hubungan itu dilakukan antara pria dan wanita.Tetapi yang terlihat dilayar itu adalah hubungan sesama jenis ,sesama wanita”jelas Saptadi Hendranata. (samar)

sam

No comment

Leave a Response