Menyamar Sebagai Koki Pizza Selama 3 Tahun, Bos Mafia Italia Di Tangkap Di Perancis

 

Matamatanews.com, PARIS—Seorang bos mafia asal Italia, Edgardo Greco, 63 tahun, yang menyamar sebagai koki pizza sekitar 3 tahun di tangkap pihak keamanan di Perancis dan Italia.Para penyelidik Italia dan Perancis mengungkapkan, bahwa tersangka telah buron selama 16 tahun, hingga kemudian ditangkap di Perancis.

Edgardo Greco dinyatakan buron setelah dirinya membunuh dua bersaudara dalam “perang mafia” antara dua geng di awal tahun  1990.Dalam laporan Yenisafak yang dikutip dari kantor berita Turki, Anadolu Agency, jaksa penuntut yakin bahwa ia adalah anggota ‘Ndrangheta, sebuah organisasi mafia yang kuat yang didirikan di wilayah selatan Italia, Calabria. Ndrangheta kini menjadi salah satu organisasi kriminal terkuat di dunia, dengan jaringan di seluruh Eropa dan Amerika Selatan.

Polisi militer Carabinieri Italia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa para penyelidik telah melacak jaringan Greco sejak 2019, yang akhirnya membawa mereka ke kota Saint-Etienne, Prancis, tempat Greco ditangkap pada hari Kamis (2/2/2023) lalu.

Ini merupakan penangkapan mafia penting kedua yang dilakukan oleh pihak berwenang Italia dalam beberapa minggu terakhir. Penangkapan tersebut menyusul adanya penangkapan mafia "bos dari segala bos" Matteo Messina Denaro, yang buron selama 30 tahun. Kedua orang itu dicari karena melakukan pembunuhan pada tahun 1990-an.

Greco menjadi buronan pada tahun 2006 setelah seorang hakim mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadapnya. Delapan tahun kemudian, ia menetap di Saint-Etienne, barat daya Lyon, di mana dia memulai pekerjaan sebagai "pizzaiolo" di sebuah restoran Italia.

Greco menggunakan identitas baru dengan nama Paolo Dimitrio. Pada Juli 2021, ia bahkan muncul di artikel surat kabar lokal, mempublikasikan resep masakan Italia buatan restorannya, termasuk ravioli, risotto, dan tagliatelle.(cam/yenisafak/aa)

redaksi

No comment

Leave a Response