Menteri Keuangan Meksiko Mundur Pasca Kedatangan Trump

 

Matamatanews.com,MEKSIKO—Menteri Keuangan Meksiko, Luis Videgaray, yang merupakan salah satu penasihat terdekat dan kepercayaan Presiden Enrique Pena Nieto, mengundurkan diri setelah mengajukan kedatangan calon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, pekan lalu.

Kunjungan Trump tersebut menuai banyak kecaman dari warga Meksiko, kunjungan tersebut dinilai sebagai salah satu penghinaan bagi negara mereka. Hal ini dikarenakan Trump pernah mengatakan bahwa warga Meksiko seperti seorang’ kriminal’ dan ‘pemerkosa’. Pernyataan tersebut membuat geram Presiden Pena Nieto, sehingga ia membandingkan Trump dengan pemimpin fasis Italia, Benitto Mussolini dan pemimpin nazi, Adolf Hitler.

Usai kunjungan tersebut, Presiden Pena Nieto merasa sangat di permalukan karena telah mengundang Trump yang sempat menghina warga Meksiko. Trump berulang kali berjanji akan membangun tembok di sepanjang perbatasan kedua negara. Pembangunan ini di maksudkan untuk mencegah masuknya imigran gelap asal Meksiko yang ingin menuju Amerika.

Selain itu Trump juga mengatakan tembok pembatas tersebut akan dibiayai oleh Meksiko sepenuhnya. Namun Presiden Pena Nieto menegaskan kepada Trump, bahwa pihaknya tidak akan mendanai pembangun tembok tersebut. Trump pun pernah berjanji akan membatalkan Perjanjian Perdagangan bebas Amerika Utara atau NAFTA, karena terlalu banyak pabrik dan Lapangan kerja Amerika pindah ke Meksiko.

Sementara itu, Videgaray tidak memberikan alasan di balik pengunduran dirinya, akan tetapi media Meksiko mengatakan kedatangan Trump merupakan ide dari Videgaray. Pena Nieto tampak kecewa dalam konferensi pers yang mengatakan bahwa Videgaray akan digantikan oleh mantan Menteri Keuangan Jose Antonio Meade. (atep/VOA/BBC/berbagai sumber).

sam

No comment

Leave a Response