Menteri Energi Saudi Serukan Pengurangan Produksi Minyak Dunia 1 juta Barel Per Hari

 

Matamatanews.com, ABU DHABI—Senin (12/11/2018) menteri enegri Arab Saudi Khalid al-Falih menyerukan kepada negara-negara penghasil minyak dunia untuk memangkas produksinya  satu juta barel per hari untuk menstabilkan pasar ,menyusul turunnya harga minyak mentah.

“Analisis teknis yang kami tinjau kemarin menunjukkan bahwa kami memerlukan pengurangan mendekati satu juta bpd untuk menyeimbangkan pasar,” kata Khalid al-Falih dalam sebuah konferensi energi  yang dilangsungkan di Abu Dhabi.

Falih mengatakan Arab Saudi, sebagai pemasok minyak terbesar di dunia akan memangkas produksinya sebesar 500 ribu bpd pada bulan depan guna membantu menstabilkan pasar. Rekan sejawatnya dari Uni Emirat  Arab, Suhail al-Mazrouei yang saat ini menjabat sebagai presiden OPEC seperti dikutip kantor berita Lebanon  National News  Agency (NNA), menyatakan ‘perubahan kemungkina akan sangat diperlukan. “Kita tidak perlu bereaksi berlebihan ketika hal ini terjadi”.

Seperti diketahui pada harga minyak mentah pernah turun ke level terendah $ 30 dolar per barel pada tahun 2016 lalu. Bench,ark Brent mentah yang biasa diperdagangkan di atas $ 80 per barel, belum lama ini  melayang di atas $ 70. Mampukah para pejabat perminyakan dunia yang kini bertemu dan saling bertukar pikiran dalam Pameran dan Konferensi Minyak Mentah Internasional di Abu Dhabi berani mengurangi produksi minyaknya hingga  satu juta barel per hari seperti yang diserukan menteri energi Arab Saudi Khalid al-Falih? (icam/NNA)

sam

No comment

Leave a Response