Menlu Turki Sebut Siprus Sebagai Tujuan Nasional

Matamatanews.com, ANKARA— Turki tidak pernah mengabaikan solusi apa pun di Siprus karena ini merupakan "alasan nasional bagi kami", kata menteri luar negeri negara itu pada 5 Agustus 2019, seperti dikutip  media Turki Hurriyet Daily News.

" Siprus adalah tujuan nasional kami. Kesetaraan dan keamanan rakyat Siprus Turki sangat diperlukan. Atas dasar ini, kami tidak mengecualikan solusi apa pun," kata Luar negeri Turki Mevlüt Çavuşoğlu dalam Konferensi Duta Besar ke-11.

"Pesan kami untuk semua orang yang tertarik di wilayah (mediteria Timur) adalah sama. Jika Anda bekerja sama dengan kami, semua orang akan menang,” tambah Mevlüt

Turki tidak akan pernah mengizinkan langkah-langkah yang mengabaikan hak dan kepentingan Turki dan Siprus Turki yang sah di Mediateria Timur , persimpangan tiga benua di dunia, kata Çavuşoğlu.

Dia menekankan bahwa Turki mendukung solusi bersama di mana sumber daya dibagi secara merata.Turki secara konsisten menentang pengeboran sepihak pemerintah Siprus Yunani di Mediterania Timur , menegaskan bahwa Republik Turki Siprus  Utara (TRNC) juga memiliki hak atas sumber daya di daerah tersebut.

Menyusul kudeta yang bertujuan mencaplok Siprus oleh Yunani pada tahun 1974, sebagai kekuatan penjamin Ankara harus turun tangan . Pada tahun 1983, TRNC didirikan.Beberapa dekade sejak itu terlihat beberapa upaya untuk menyelesaikan perselisihan Siprus, namun semuanya berakhir dengan kegagalan. Yang terbaru, diadakan dengan partisipasi negara-negara penjamin - Turki, Yunani, dan Inggris - berakhir tanpa kemajuan pada 2017 di Swiss.Dan Turki akan mempertahankan perjuangan Palestina dengan berbagai cara dan dalam bentuk apap pun.(manda)

redaksi

No comment

Leave a Response