Mengenal Manfaat Spa Bagi Kesehatan Tubuh

 

Matamatanews.com, JAKARTA – Orang-orang yang berdatangan ke tempat spa selalu mempunyai berbagai macam alasan seperti ingin merawat tubut, bersantai, mengurangi rasa stres, menyegarkan badan hingga meredakan sendi dan otot yang sakit.

Banyak perawatan yang ditawarkan di temppat spa itu sendiri seperti aromaterapi, berendam air panas, sauna, perawatan rambut, perawatan kuku, pijat, waxing, serta lain sebagainya. Perawatan-perawatan seperti itulah yang menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Seperti halnya pijat yang dapat membuat tubuh kita menjadi rileks serta pijat dipercaya dapat mengurangi sakit punggung, sakit kepala, depresi dan memperlancar peredaran darah.

Sementara itu, berendam air hangat dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit kulit, seperti efek terapi dari Laut Mati yang terletak di antara Israel dan Jordania, kombinasi antara air laut yang mempunyai kadar garam yang tinggi dan dipadukan dengan radiasi sinar UVA matahari dipercaya dapat mengobati penyakit kulit yakni eksim, psoriasis dan vitiligo.

Harum minyak aromaterapi yang dihasilkan dari ekstrak tanaman mampu meringankan rasa depresi serta perasaan cemas. Selain itu, bau khas aromaterapi dari minyak lavender dipercaya dapat mengurangi rasa sakit pada anak-anak yang sedang menjalani tonsilektomi serta mengurangi rasa sakit pasien ketika sedang menjalani proses cuci darah.

Dari sekian banyak manfaat yang bisa didapat dari spa, terdapat pula beberapa resiko yang dapat terjadi seperti pijatan yang salah bagi ibu hamil dapat meningkatkan resiko kelahiran prematur. Sedangkan untuk ruang sauna sendiri jika tidak rutin dibersihkan dapat beresiko memperberat penyakit sinusitis, asma dan alergi.

Peralatan-leralatan yang digunakan ditempat spa jika tidak rutin dibersihkan dapat menjadi sarang penyakit, beberapa dokter mengatakan bahwa tempat spa yang tidak steril dapat menjadi tempat penularan kuman. Bahkan lebih parah lagi terdapat bakteri penyebab penyakit legionnaires yang dapat hidup pada penampungan air hangat yang tidak secara rutin dibersihkan. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response