Mengenal Lebih Dekat Pasukan Pengaman Marinir Swedia

 

Matamatanews.com,JAKARTA—Swedia yang dikenal memiliki sederet pantai terpencil yang indah dan pelabuhan eksotik tak jarang membuat sejumlah negara eropa merasa iri. Daerah yang memanjang dan membentang beragam keindahan membuat Swedia harus berpikir keras mengantisipasi ancaman yang setiap saat muncul di negaranya. Selama ini Swedia dikenal sebagai daerah favorit operasi senyap para intelijen Rusia,seperti Spetsnaz.

Selama perang dingin berlangsung,angkatan laut Soviet melalui unit khusus Spetsnaz,operasi kapal selam mini Soviet sering menerobos perairan Swedia secara rutin.Guna mengantisipasi ancaman penyerangan mendadak dari luar, akhirnya pada tahun 1992 Angkatan Laut Swedia membentuk unit keamanan khusus yang terlatih.Pasukan terlatih ini bernama Bassak (Bassakerhetskompaniet ) atau Satuan SOF Naval Counter,tugasnya ialah untuk melindungi instalasi Angkatan Laut Swedia dari serangan musuh.

Pasukan Bassak terdiri dari 134 laki-laki dan 12 anjing, yang dibagi menjadi HQ dan peleton dukungan, dua SakJakt (Ranger SOF Counter) Peleton, dan dua Sakbevakning (SOF penjaga Counter) Peleton.Peleton SakJakt terdiri dari enam hingga empat orang pasukan. Setiap skuad empat orang akan memiliki satu anjing yang ditugaskan untuk itu. Tim SakJakt terdiri dari bebera tugas dan struktur:

-pemimpin pasukan
-Dog handler
-Pasukan pendukung (menangani regu senjata berat, dan lintas dilatih sebagai pengemudi perahu)
– Medic (juga dilatih sebagai sopir tim dan penembak jitu / sniper)
– Menggunakan patroli jalan kaki, kapal kecil berkecepatan tinggi, dan kendaraan darat, tim dapat menanggapi setiap pelanggaran wilayah patroli yang menjadi daerah pnugasan mereka. Ketika melakukan  air surveilans atau misi pengintaian, tim dilengkapi dengan kano dan peralatan SCUBA untuk membantu dalam gerakan tak terlihat mereka. (samar/berbagai sumber)

 

sam

No comment

Leave a Response