Mengenal Lebih Dekat Pasukan Khusus Kanada JTF 2

 

Matamatanews.com,JAKARTA—Meski tingkat kerusuhan dan kegaduhan jarang terdengar di Kanada,bukan berarti negara satu ini tidak memiliki kesatuan elit untuk mengantisipasi ancaman, baik yang datang dari luar maupun dalam negerinya sendiri.Kanada terbilang negara paling aktif yang mengirimkan pasukan keamanannya diberbagai negara konflik,seperti Afghanistan maupun Irak. Dan dalam banyak film pun pasukan khusus Kanada sudah banyak yang ditampilkan,seperti Hyena Road (2016) karya Paul Gross yang mengambil setting konflik di Afghanistan.

Kanada pada dasarnya memiliki pasukan khusus yang cukup tangguh dan terampil,yaitu Joint Task Force 2 atau biasa disebut dalam bahasa Perancis Deuxième Force opérationnelle interarmées. Joint Task Force 2 adalah Pasukan Khusus Angkatan Kanada,merupakan pasukan elit gabungan dari beberapa unsur kesatuan terdiri dari Canadian Special Operation Regiment (CSOR),427 427 Special Operations Aviation Squadron (427 SOAS) dan Canadian Joint Incident Response Unit (CJIRU).

Joint Task Force 2 meski merupakan Pasukan Khusus Kanada (CF),namun unit yang bertanggungjawab untuk berbagai misi,seperti kontra terorisme yang dilakukan unit bantuan bersenjata terhadap departemen pemerintahan lain dipegang oleh SOF.Joint Task Force 2 adalah pasukan Kanada paling elit,mereka merupakan para tentara yang tak berwajah yang pergi ke berbagai tempat hingga atidak diketahui kehadirannya hanya untuk menyelesaikan misi rahasia tingkat tinggi. Pasukan ini dipuji sebagai salah satu pasukan elit terbaik dunia yang dimiliki Kanada.

MISI

JTF 2 bertanggung jawab untuk menyediakan layanan  kekuatan yang  mampu memberikan bantuan bersenjata dalam menyelesaikan berbagai isu atau potensi masalah yang mempengaruhi keamanan nasional Kanada. Sementara peran utama JTF 2 adalah kontra-terorisme, personil yang dapat digunakan dalam setiap jenis operasi militer, yang meliputi banyak hal, tidak terbatas pada hal-hal tertentu, pengawasan, konsultan keamanan dan pengawalan  peribadi  untuk  individu-individu yang memerlukan pengawalan.* (samar/berbagai sumber)

Peralatan Senjata : Colt Canada C7, C8, C8SFW series of rifles,FN Herstal P90 personal defence weapon,Heckler & Koch MP5A3 sub machine guns,SIG Sauer pistols,Benelli M3 semi-automatic shotguns.

Kendaraan Tempur :Jackal MWMIK armoured personnel carrier,16K RT forklifts.

Data JFT 2                :Aktif   : 1 April 1993 – hingga sekarang,Negara  : Kanada,Tipe  : Pasukan Operasi Khusus dan Kontra Teroris,Motto  : Facta Non Verba (Deeds, Not Words),Operasi Yang pernah dilakukan  : Operasi Assurance (Rwanda), Perang Bosnia, Perang Kosovo, Haiti Rebellion                    (2004), dan Perang Afganistan (2001- hingga sekarang).

 

sam

No comment

Leave a Response