Mengenal Khasiat Si Kecil Mungil Buah Kersen Yang Kaya Manfaat

 

Matamatanews.com, JAKARTA Muntingia calabura L atau sering disebut kersen merupakan buah yang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan buah lain. Buah ini cukup mudah ditemukan, sebab tumbuhan ini sangat mudah tumbuh.

Selain memiliki keunikan tersendiri, tumbuhan ini memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Buah kersen ini memiliki daya tarik dengan warna yang mencolok serta bentuknya yang kecil. Dengan rasa yang khas, manis dan tekstur bagian dalam seperti berpasir, buah ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sekitar 80,5 mg2.

Kandungan  kimia dalam buah kersen antara lain vitamin, mineral, serat, karbohidrat, lemak, beta-karoten, fosfor, protein, kalsium, zat besi, niacin, riboflavin, thianin, dan banyak lagi kandungan lain yang berguna bagi kesehatan.

Dibalik rasa yang manis serta bentuknya yang kecil, ternyata buah ini memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan, yakni :

1. Antibakteri

Sifat antibakteri buah kersen ini snagat bermanfaat untuk tubuh kita. Dengan demikian tubuh kita menjadi lebih kuat dari serangan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit tertentu. Para peneliti menemukan adanya senyawa antibakteri yang kuat dalam buah kersen.

2.  Antioksidan

Selain antibakteri, buah kersen juga mengandung senyawa antioksidan yang tinggi. Antioksidan bertugas untuk menguatkan sistem imun tubuh dan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

3.  Antiseptik

Rebusan daun kersen dapat membunuh mikroba atau bisa digunakan sebagai antiseptik. Daun kersen terbukti bisa membunuh bakteri. Sifat anti-bakteri itu berasal dari senyawa yang terkandung dalam daun kersen, seperti tanin, flavonoid dan saponin.

4.  Anti-inflamasi

Rebusan daun kersen juga memiliki sifat anti-inflamasi (anti-peradangan) dan juga dapat menurunkan demam.

5.  Anti-tumor

Daun kersen juga dilaporkan memiliki efek anti-tumor. Kandungan flavonoid yang dimiliki oleh daun kersen diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

6. Mengobati asam urat

Di Indonesia, buah kersen sering digunakan untuk mengobati asam urat. Buah kersen juga terbukti dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit asam urat.

7. Melindungi jantung

Ekstrak daun kersen juga diketahui dapat melindungi miokardium yang berdampak pada penurunan yang signifikan dalam pembatasan kebocoran enzim dari miokardium.

8. Kram perut

Bunga kersen dapat dimanfaatkan sebagai antiseptik dan untuk mengobati kram perut. Anda hanya perlu merebus buang kersen dan meminum airnya.

9. Anti-kanker

Salah satu studi menemukan adanya sifat anti-kanker pada pohon kersen, dengan ditemukannya flavonoid sitotoksik baru pada akar kersen.

Selain itu, buah kersen juga dapat mengatasi berbagai penyakit, seperti menyembuhkan diabetes, meredakan gejala flu, mengatasi kejang atau kaku di bagian saluran pencernaan akibat gastritis dan diare, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak  mudah sakit, meredakan sakit kepala, kandungan air pada buah kersen dapat mengembalikan kelembaban alami kulit sehingga kulit akan terus terlihat segar, serta mencegah dan menyembuhkan batuk. (Adith/Berbagai Sumber)

sam

No comment

Leave a Response