Mengenal Hipotermia, Penyebab Dan Cara Mengatasinya

 

Matamatanews.com, JAKARTA – Hipotermia sendiri lebih dikenal dimana saat kondisi tubuh seseorang kehilangan suhu tubuh dengan sangat cepat, bahkan lebih cepat dari pada panas yang dihasilkan oleh tubuh itu sendiri. Ketika seseorang mengalami hipotermia, suhu tubuh badannya akan kurang dari 35 derajat celcius.

Ketika suhu tubuh menurun dengan cepat, jantung dan oragan tubuh lainnya tidak bekerja dengan normal. Jika dibiarkan dapat menyebabkan gagal jantung dan mengacaukan sistem pernafasan yang dapat menyebabkan kematian.

Penyebab utama terjadinya hipotermia ialah paparan udara yang dingin, pakaian yang basah dan tidak menutup kepala saat udara sangat dingin juga dapat meningkatkan terkena hipotermia.

Gejala-gejala hipotermia pada umumnya berlangsung perlahan sehingga tidak disadari. Seseorang yang mengalami hipotermia ringan akan menunjukan gejala menggigil, pusing, lapar, mual, kulit yang dingin dan nafas yang cepat.

Sedangkan untuk gejala hipotermia sedang biasanya suhu tubuh menurun hingga di bawah 32 derajat celcius. Untuk gejalanya sendiri yakni ngantuk, lemas, linglung, kordinasi tubuh berkurang, nafas menjadi pendek dan kehilangan akal sehat.

Jika tidak segera di tangani dengan pertolongan medis, maka suhu tubuh akan semakin menurun dan menyebabkan gejala kesadaran mulai hilang bahkan pingsan, pupil mata melebar, denyut nadi tidak teratur bahkan melemah.

Namun, pemberian pertolongan pertama sangatlah berguna untuk menolong seseorang yang terkena hipotermia. Pertolongan tersebut dapat dilakukan dengan cara menghangatkan tubuhnya dengan memindahkan keruangan yang mempunyai suhu hangat namun tidak boleh menggunakan sumber panas langsung.

Kemudian berikan minuman hangat namun tidak boleh mengandung alkohol maupun cafein. Lalu gunakan handuk kering yang sudah dihangatkan untuk mengompres leher, dada atau selangkangan. Jangan melakukan pengompresan di tangan dan kaki karena akan mendorong darah yang dingin untuk mengalir kedalam jantung, paru-paru dan otak. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response