Mengagumkan, Santri Remaja Masjid Agung Baitussalam Hafal 30 Juz Al Qur'an

 

Matamatanews.com, PURWOKERTO -Humas Masjid Agung Baitussalam Purwokerto Ir.Alief Einstein,M.Hum mengungkapkan, bertempat di Asrama Tahfidz Mu'allimin Yogyakarta pada Sabtu (14/03/2020) lalu atau awal Ramadhan 1441 H salah seorang santri Remaja Masjid Agung Baitussalam Purwokerto Muhammad Azhar Ali bin Muh Hizbul Muflihin (Asa) telah berhasil menyelesaikan setoran hafalan Al Qur'an hingga 30 Juz dalam waktu kurang dari 3 tahun.

" Saat masuk Mualimin, Asa mengambil kelas unggulan dengan niat agar kelak bisa mengembangkan keterampilan musiknya bermain organ dan piano. Namun setelah 1 tahun dirinya hijrah ke kelas tahfidz atas niat dan keinginan sendiri, " kata Einstein.

Asa merupakan  santri Muallimin ke 45 yang  mampu menyelesaikan setoran hafalan Al Qur' an hingga 30 juz  di usia yang masih belia. Untuk memperlancar dan menguji setoran hafalannya, Asa di uji ulang oleh Ust.  Muhammad Ahnaf Lubab dari Potorono Bantul.

Asa, remaja yang beralamat di Ponpesma Zam Zam Jalan Tentara Pelajar No. 41- 43 Purwokerto Jawa Tengah, sampai saat ini sering tampil bermain musik organ ataupun piano disetiap acara di Mualimin atau Muhammadiyah Kota Yogyakarta.

Berikut tips Asa dalam menghafal 30 Juz Al Qur'an :

a. Berdoa terlebih dulu dan ketersediaan waktu untuk menghafal,

b. Menggunakan Al Qur'an untuk menghafal dengan tidak berganti-ganti,

c. Kemanapun dia pergi, termasuk pulang ke Purwokerto, tetap membawa Al Qur' an,

d. Mencatat hafalan mandirinya di buku saku,

e. Meminta tolong pada teman dan ayahnya untuk menyimak hafalannya,

f. Saat pulang ke Purwokerto, orang tuanya sering meminta Asa jadi imam tarawih atau sholat wajib di asrama Zam-zam Purwokerto.,

g. Tidak melupakan Sholat Dhuha.

Agar selalu hafal Al Qur'an Asa memberikan beberapa tip diantaranya :

a. Saat pulang ke Purwokerto dia mendengarkan muratal di lap top atau HP orang tuanya, dikarenakan selama belajar di Mualimin siswa dilarang membawa HP,

b. Mendengarkan orang membaca Al - Qur'an melalui alat Advance Digital Al-Qur'an, sebagai upaya melatih ingatan hafalannya.

c. Agar tidak hilang, Asa menggunakan hafalannya di setiap sholat,

d. Saat duduk santai, Asa memainkan jarinya untuk menghafal tiap ayat Al Qur' an.

Einstein berharap Asa bisa menjadi penyemangat bagi remaja yang lainnya dan semoga siswa klas 3 Tsanawiyah Mualimin Muhammadiyah Yogyakarta ini, tetap istiqomah menjaga hafalannya dan terjaga ingatannya, Aamiin. (hen/berbagai sumber)

 

redaksi

No comment

Leave a Response