Mencari Akses bantuan Untuk Rohingya

 

Matamatanews.com, RAKHINE – Organisasi-organisasi kemanusiaan yang berada di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia sudah siap menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk para korban kekerasan militer Myanmar di Negara Bagian Rakhine.

Sementara itu, South East Asia Humanitarian Committee (Seahum) meminta kepada Pemerintah Indonesia untuk menyampaikan pesan kepada Pemerintah Myanmar agar akses untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan di perbolehkan masuk ke sana.

Pendiri Pusat Informasi dan Advokasi Rohingya Arakan (PIARA) Heru Susetyo membenarkan tentang bantuan yang akan dikirimkan ke Rakhine harus berkordinasi terlebih dahulu dengan pemerintah setempat. Namun, jika pemerintah Myanmar tidak kooperatif, ia mengharapkan adanya desakan dari PBB (dalam hal ini UNHCR) serta ASEAN diharapkan mampu membuka akses kesana.

Kekerasan terhadap Muslim Rohingya yang dilakukan militer Myanmar telah menyebabkan lebih dari 150 ribu orang hidup dengan ketakukan dan memerlukan bantuan kemanusiaan. Selain itu, rumah-rumah di perkampungan dimana Muslim Rohingya tinggal telah habis terbakar.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Uni Myanmar Ito Sumardi mengatakan tidak mempermasalahkan rencana aliansi organisasi kemanusiaan ASEAN dan nasional yang hendak membantu Muslim Rohingya di Rakhine. Namun itu semua harus disertai dengan izin dari Pemerintah Myanmar. (Atep/berbagai sumber)

sam

No comment

Leave a Response